Food & Hospitality Indonesia (FHI) 2024 selesai digelar di Jakarta International Expo (JIExpo) pada 23-26 Juli 2024 lalu. Pameran dagang internasional di Indonesia untuk bidang perhotelan, makanan, dan minuman ini dimeriahkan oleh lebih dari 36.000 pengunjung yang tak hanya berasal dari dalam negeri, tetapi 55 negara dan wilayah internasional seperti Tiongkok, Malaysia, Singapura, Jepang, Thailand, India, Australia, Brunei, Italia, Hong Kong, Taiwan, Filipina, Amerika Serikat, serta Korea Selatan.

Melibatkan lebih dari 500 perusahaan exhibitor, FHI 2024 berhasil memfasilitasi 675 koneksi bisnis yang terjadi melalui Business Matching Programme. Juanita Soerakoesoemah selaku Portfolio Director FHI 2024 mengatakan, selama empat hari pameran berlangsung, ada banyak kegiatan menarik dan atraktif yang berdampak bagi industri food & hospitality di Indonesia untuk berkembang pesat.

Baca Juga: Ajang Internasional FHI Kembali Dihelat, Dimeriahkan 20 Negara

"Sejalan dengan perubahan nama Food & Hospitality Indonesia yang juga disambut baik oleh para pengunjung dan pelaku bisnis ini, makin mengukuhkan komitmen baru FHI yang dihadirkan secara eksklusif untuk meningkatkan sektor hospitality serta F&B ke tingkat yang lebih tinggi agar bisa terus menjaring bisnis yang berkelanjutan dan makin masif ke depannya," terang Juanita, dikutip Selasa (13/8/2024).

Sejumlah kegiatan yang berlangsung adalah:

  • Liga Kopi: La Cimbali Barista Championship oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI);
  • Hotelicious Thematic Bed Making Competition oleh FHI dan Binus Hotel Management – BINUS Bekasi (BHM BINUS);
  • Elderly & Diffable Pastry Competition oleh Indonesia Pastry Alliance (IPA);
  • Indonesia Sommelier Association (ISA) Wine Master Class;
  • U.S Beef Butchering Technique Workshop oleh Association of Culinary Professionals (ACP), ACP Master Class, Lotus Culinary Studio;
  • Seminar Industri oleh LPPOM MUI, BULOG, dan FERMENUSA;
  • Talkshow tentang keberlanjutan dalam industri perhotelan yang bertajuk Not Just Sustainability but Responsibility, Not Just Recycle but Regenerate;
  • Business Breakfast yang dipersembahkan oleh Saladplate bersama EUROMONITOR;
  • FHI Business Matching Programme;
  • FHI TV Programme; dan
  • masih banyak acara menarik lainnya.

Marketing Communication Manager FHI 2024, Leonarita Hutama, berharap dengan berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan pada FHI 2024 yang berlangsung bersama Hotelex Indonesia, Finefood Indonesia, dan Retail Indonesia, dapat meningkatkan sektor F&B dan hospitality ke tingkat yang lebih tinggi.

"Harapan kami bahwa seluruh featured events dan kegiatan yang telah berlangsung selama FHI 2024 dapat memberikan pengalaman yang lebih berdampak bagi para pelaku industri," ujarnya.

Leona melanjutkan bahwa kehadiran FHI 2024 dengan transformasi menjadi Food & Hospitality Indonesia diharapkan juga bisa menjadi lambang keunggulan industri di sektor terkait yang mendorong kemajuan industri.

"Upaya Pamerindo Indonesia untuk terus mendukung pertumbuhan bisnis masa depan yang makin berkembang akan berlanjut melalui ajang pameran selanjutnya pada edisi ke-19 Food & Hospitality Indonesia, yang akan berlangsung tanggal 22-25 Juli 2025 di JIEXPO dengan mengangkat tema Cultivating Future in Sustainable Culinary and Hospitality," tutupnya.