Food & Hospitality Indonesia (FHI), sebelumnya bernama Food & Hotel Indonesia (FHI), resmi dibuka mulai tanggal 23-26 Juli 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo). Pameran dagang internasional tahunan untuk industri makanan dan minuman, perhotelan, dan pariwisata di Indonesia ini diikuti oleh lebih dari 500 perusahaan dari 20 negara dan 7 country pavilions dari Amerika Serikat, China, India, Jerman, Malaysia, Republik Korea, dan Thailand.
Juanita Soerakoesoemah, Portfolio Director Pamerindo Indonesia selaku penyelenggara, menjelaskan bahwa transformasi Food & Hospitality Indonesia tahun ini dilakukan guna mendorong bisnis hospitality di Indonesia agar makin berkembang.
Baca Juga: Food Ingredients (Fi) Asia Indonesia 2024 Siap Dihelat, Keberlanjutan dan Kehalalan Jadi Topik Utama
"Pengubahan nama ini mencerminkan komitmen baru FHI yang dihadirkan secara eksklusif sebagai platform ideal bagi profesional dan pelaku industri untuk membentuk jaringan bisnis yang berkelanjutan dalam mewujudkan bisnis masa depan yang terus berkembang," terang Juanita di hari pembukaan pameran Food & Hospitality Indonesia 2024, Selasa (23/7/2024).
Gelaran yang diisi dengan ribuan merek produk dagang dari berbagai kategori produk meliputi makanan, daging, makanan beku, minuman, kopi dan teh, serta produk layanan dan perhotelan lainnya ini diharapkan mendukung pertumbuhan tahunan (CAGR 2021-2025) pendapatan di sektor makanan dan minuman sebesar 10,79%, menghasilkan volume pasar yang diproyeksikan mencapai US$4.346 juta pada tahun 2025 nanti.
"Kehadiran FHI 2024 juga sekaligus menjadi dukungan bagi rencana strategis pemerintah untuk mewujudkan Indonesia 4.0 yang menetapkan jalan bagi masa depan Indonesia yang makmur. Ditambah, Bank Indonesia sudah memproyeksikan percepatan ekonomi nasional yang solid dengan pertumbuhan yang diperkirakan mencapai 4,7-5,5% pada tahun 2024," tambah Juanita.
Tahun 2024 ini, FHI kembali menawarkan berbagai kegiatan, mulai dari kompetisi memasak pastry, kompetisi kopi, hingga kompetisi merapikan tempat tidur yang diselenggarakan oleh mitra asosiasi nasional seperti Indonesia Pastry Alliance (IPA) dan Speciality Coffee Association Indonesia (SCAI). Kompetisi tersebut, antara lain, ialah Liga Kopi: Indonesia Barista Championship (IBC) oleh SCAI; Hotelicious Thematic Bed Making Competition oleh FHI dan Binus Hotel Management–BINUS Bekasi (BHM BINUS); serta Elderly & Diffable Pastry Competition oleh IPA.