Lazada mengumumkan investasi tahunan senilai US$100 juta atau Rp1,6 triliun dalam Program Afiliasi Lazada, LazAffiliate. Diumumkan dalam acara Lazada Affiliates Southeast Asia Awards 2025 yang digelar di W Hotel Bangkok, investasi strategis ini ditujukan untuk mendukung struktur komisi yang lebih baik, insentif berbasis performa, dan berbagai fitur pemberdayaan yang memungkinkan para mitra affiliate memasuki era perdagangan baru yang dipimpin para kreator di seluruh Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri, affiliate marketing menjadi sebuah fenomena untuk mencari penghasilan tanpa modal besar. Survei Populix Affiliate Insights menemukan bahwa mayoritas (59%) konsumen non-afiliasi pernah membeli produk afiliasi, terutama pakaian, elektronik, kecantikan, dan makanan. Minat untuk menjadi afiliator juga tinggi (80%), meski ada kekhawatiran soal penghasilan.

Baca Juga: Lazada Dukung UMKM Medan Go Nasional Lewat Pelatihan Digital dan Manajemen Bisnis

Lazada Affiliates Southeast Asia Awards 2025 mengundang mitra affiliate Lazada dari seluruh Asia Tenggara. Sebanyak 20 mitra affiliate Lazada dari Indonesia juga turut hadir, di mana mereka diakui atas upaya luar biasa dalam mendorong konversi penjualan di platform Lazada. Dalam acara ini, tiga mitra affiliate terbaik dari setiap negara menerima penghargaan serta apresiasi berupa trofi dan hadiah uang tunai. 

Accesstrade by Interspace Indonesia yang telah aktif membagikan link affiliate Lazada sejak tahun 2020 terpilih sebagai "Affiliate of the Year 2024", bersama dengan Niken Ambar Pertiwi yang mendapat penghargaan mitra affiliate terbaik kategori groceries dan Anita Ratnasari sebagai mitra affiliate terbaik untuk kategori beauty.

Program LazAffiliate

Program LazAffiliate yang diperbaharui ini memperkenalkan struktur insentif terdepan di industri dan serangkaian fitur canggih yang dirancang untuk memberdayakan para mitra affiliate—mulai dari influencer, content creator, hingga pembeli sehari-hari—untuk memaksimalkan monetisasi di platform dan memperbesar pengaruh yang mereka berikan.

Peningkatan utama dan fitur baru meliputi:

  • Peningkatan Kanal Afiliasi: Kanal LazAffiliate yang telah diperbarui kini memiliki tampilan yang lebih mudah digunakan, sehingga proses memilih produk menjadi lebih mudah dan efisien.
  • Kumpulan Produk dengan Komisi Tinggi – Tersedia daftar produk pilihan dengan peluang penjualan tinggi dan komisi besar sehingga para mitra affiliate bisa fokus pada produk yang paling menguntungkan.
  • Performance Dashboard: Dashboard ini memberikan data seperti jumlah pengunjung dan performa link yang dibagikan, termasuk tingkat konversi, jumlah pengunjung unik, dan komisi, guna mendukung strategi konten yang lebih efektif demi mendapatkan penghasilan yang lebih baik.
  • Toko digital yang lebih personal: Para mitra affiliate kini bisa mendesain toko digital mereka sendiri untuk menampilkan produk-produk rekomendasi, sehingga mempermudah followers menemukan dan membeli produk.
  • Promo Belanja sebagai Akselerator: Selama promo belanja seperti 6.6, 9.9, 11.11, dan 12.12, para mitra affiliate bisa mendapatkan bonus spesial, komisi lebih tinggi, serta berbagai tantangan seru  untuk meningkatkan pendapatan.

Untuk meningkatkan penghasilan para mitra affiliate, Lazada menjalin kemitraan dengan berbagai brand dan penjual online ternama untuk menghadirkan strategi pemasaran berbasis performa yang efektif dan efisien. Dalam kerja sama ini, Lazada turut berinvestasi dalam:

  • Voucher toko yang didanai Lazada: Sebagai tambahan dari insentif selain komisi afiliasi, untuk mendorong pembelian konsumen.
  • Ekosistem kreator multi-level: Jaringan yang terdiri dari influencer, content creator, dan key opinion consumers (KOC) untuk meningkatkan visibilitas dan penemuan produk.

Hasilnya adalah sistem kerja berbasis performa, di mana brand dan penjual fokus pada investasi yang membawa konversi nyata–membuat kolaborasi dengan para content creator menjadi saluran pendapatan yang terukur, berkelanjutan dan bisa dikembangkan.

What’s next: Promo Belanja Lazada 6.6 

Di promo belanja 6.6 yang akan datang, mitra affiliate bisa mendapatkan komisi hingga 36% jika mempromosikan brand partner melalui voucher toko. Terdapat lebih dari 70 brand fesyen dan kecantikan yang telah bekerja sama dengan Lazada untuk turut mendanai komisi dan insentif afiliasi. Selain itu, terdapat hadiah dengan total nilai US$100.000 untuk mitra affiliate dengan pencapaian terbaik di Asia Tenggara selama periode 6.6. Ke depannya, mitra affiliate terbaik dapat menikmati bonus dan hadiah tambahan berdasarkan pencapaian mereka selama promo belanja berlangsung.

"Lazada berkomitmen memberdayakan influencer dan content creator di seluruh Asia Tenggara agar bisa membuka peluang penghasilan baru dan memperbesar pengaruh mereka," ujar Jared Chan, Head of Regional Affiliate, Lazada Group, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, dikutip Kamis (29/5/2025).

"Melalui investasi ini, kami ingin membangun ekosistem afiliasi yang dinamis yang tidak hanya mendukung pertumbuhan semangat kewirausahaan, tetapi juga menciptakan koneksi yang lebih otentik antara brand dan konsumen," pungkasnya.