“Kita ingin membangun peluang untuk para affilate mendapatkan komisi lebih banyak yang bisa berpotensi sampai 15 juta per bulan, itu pertama, dan disambil itu kita juga memastikan bahwa asliator-asliator ini mempunyai pengalaman yang menyenangkan lah ya, karena duduk bersama, dan juga jualan bersama. Nah di sini, di festival belanja 9.9 juga bisa menjadi momen yang tepat untuk dimanfaatkan berbagai link, karena banyak banget promo-promo yang tadi bisa digunakan untuk meningkatkan konversi, jadi harganya bagus, dan juga jualannya banyak,” tuturnya.
Untuk bergabung menjadi Affiliate Lazada, Amel menjelaskan, hal tersebut dapat diakses langsung melalui aplikasi Lazada, kemudian pergi ke halaman MyAccount dan pilih tombol Affiliate untuk pendaftaran dan pengisian data diri lebih lanjut.
“Setelah mendaftar, itu akan diberikan referral code, referral code ini yang bisa disediakan untuk menjadi in way tagging, jadi nanti ketika ada kode ini dipasang, itu akan menjadi jaringan satu, semua kode, semua user yang check out, yang check out akan menjadi jaringan satu, nanti dari sana, untuk affiliator yang berjualan, tapi datangnya dari kode ini, itu sudah dianggap sebagai nomor jaringan, dari sana itu adalah komisi untuk business network ini,” jelas Amel.
“Kalau untuk komisi produk affiliatenya sendiri, itu tergantung kategori. Jadi, setiap brand punya kategori, punya komisi, skema yang berbeda-beda, jadi nanti jika mendapatkan update, boleh cek di halaman teknisnya,” tambahnya.
Baca Juga: Lazada Group Rilis Laporan Dampak ESG untuk Tahun Keuangan 2024
Sedikit memberikan tips, kata Amel, momen festival belanja dapat dimanfaatkan para affiliate untuk mendatangkan cuan. Biasanya, akan banyak brand yang memberikan penawaran serta promo menarik dari produk yang mereka pasarkan. Dengan membagikan link produk tersebut berupa kode khusus di media sosial, memungkinkan para affiliate bisa mendapatkan komisi tambahan.
“Meskipun dia beli yang lain, tapi masuk yang lain itu, kita tetap dapat komisi,” terangnya.
Se-simpel review produk lewat konten di media sosial dan mencantumkan link produk, juga bisa membantu para affiliate langsung cuan melalui Lazada Business Network ini.
Untuk pendampingan bagi para affiliate baru, Amel menjelaskan bahwa sudah disediakan panduan secara general yang akan memberikan edukasi dalam bentuk materi. Bukan hanya itu, adanya WhatsApp Group khusus LazAffiliate, hal ini sangat membantu para affiliator baru untuk cuan bersama-sama.
“Jadi biasanya itu kalau ada promo juga dia akan kayak push. Itu sih enaknya kalau untuk jadi affiliate, ada grup-grup yang dimana kita juga tau nih hari ini ada brand day apa, campaign apa, jadi banyak bocoran-bocoran intinya biar semuanya cuan bareng lah ya,” tukasnya.