Affiliate tampaknya menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang semakin dilirik banyak orang. Atau mungkin, banyak di luar sana yang sudah menjadikan affiliate sebagai pekerjaan tetap mereka dan mendulang banyak cuan?
Dengan fleksibilitas waktu dan potensi penghasilan yang tidak terbatas, banyak yang melihat peluang besar dalam menjalin kemitraan dengan berbagai platform e-commerce atau produk digital.
Melalui strategi yang tepat, seorang affiliate bisa mendulang cuan secara konsisten, bahkan dalam jumlah yang signifikan. Sebab itu, tak ayal banyak orang yang menjadikan hal ini sebagai karier yang menjanjikan jika serius menekuninya.
Bicara soal affiliate di e-commerce, Lazada juga membuka peluang bagi setiap orang yang ingin mendapatkan cuan dengan bergabung menjadi affiliate partner di Lazada. Hanya bermodalkan handphone, jejaring pertemanan, dan/ atau akun media sosial dengan sejumlah followers, affiliate partner bisa mempromosikan produk di Lazada dengan menyebarkan link toko dan nantinya mendapatkan komisi saat produk terjual.
“Kita baru launch yang namanya Lazada Business Network. Ini adalah afiliasi yang menawarkan rank roll commission, atau komisi tambahan ketika salah satu dari afiliator mengajak teman atau keluarga join menjadi affiliate di Lazada,” ujar Head of Operations Lazada Indonesia Amelia Tediarjo dalam agenda Media Luncheon Lazada 9.9 Mega Brands Sale di kawasan Kebayoran Baru, Jumat (6/9/2024).
Amelia menjelaskan, kehadiran Lazada Business Network ini diharapkan dapat menjadi passive income bagi para LazAffilate. Sebagai orang pertama yang berhasil mengajak member dengan kode referral, nantinya akan mendapatkan komisi hingga 20 persen.
“Kita ingin membangun peluang untuk para affilate mendapatkan komisi lebih banyak yang bisa berpotensi sampai 15 juta per bulan, itu pertama, dan disambil itu kita juga memastikan bahwa asliator-asliator ini mempunyai pengalaman yang menyenangkan lah ya, karena duduk bersama, dan juga jualan bersama. Nah di sini, di festival belanja 9.9 juga bisa menjadi momen yang tepat untuk dimanfaatkan berbagai link, karena banyak banget promo-promo yang tadi bisa digunakan untuk meningkatkan konversi, jadi harganya bagus, dan juga jualannya banyak,” tuturnya.
Untuk bergabung menjadi Affiliate Lazada, Amel menjelaskan, hal tersebut dapat diakses langsung melalui aplikasi Lazada, kemudian pergi ke halaman MyAccount dan pilih tombol Affiliate untuk pendaftaran dan pengisian data diri lebih lanjut.
“Setelah mendaftar, itu akan diberikan referral code, referral code ini yang bisa disediakan untuk menjadi in way tagging, jadi nanti ketika ada kode ini dipasang, itu akan menjadi jaringan satu, semua kode, semua user yang check out, yang check out akan menjadi jaringan satu, nanti dari sana, untuk affiliator yang berjualan, tapi datangnya dari kode ini, itu sudah dianggap sebagai nomor jaringan, dari sana itu adalah komisi untuk business network ini,” jelas Amel.
“Kalau untuk komisi produk affiliatenya sendiri, itu tergantung kategori. Jadi, setiap brand punya kategori, punya komisi, skema yang berbeda-beda, jadi nanti jika mendapatkan update, boleh cek di halaman teknisnya,” tambahnya.
Baca Juga: Lazada Group Rilis Laporan Dampak ESG untuk Tahun Keuangan 2024
Sedikit memberikan tips, kata Amel, momen festival belanja dapat dimanfaatkan para affiliate untuk mendatangkan cuan. Biasanya, akan banyak brand yang memberikan penawaran serta promo menarik dari produk yang mereka pasarkan. Dengan membagikan link produk tersebut berupa kode khusus di media sosial, memungkinkan para affiliate bisa mendapatkan komisi tambahan.
“Meskipun dia beli yang lain, tapi masuk yang lain itu, kita tetap dapat komisi,” terangnya.
Se-simpel review produk lewat konten di media sosial dan mencantumkan link produk, juga bisa membantu para affiliate langsung cuan melalui Lazada Business Network ini.
Untuk pendampingan bagi para affiliate baru, Amel menjelaskan bahwa sudah disediakan panduan secara general yang akan memberikan edukasi dalam bentuk materi. Bukan hanya itu, adanya WhatsApp Group khusus LazAffiliate, hal ini sangat membantu para affiliator baru untuk cuan bersama-sama.
“Jadi biasanya itu kalau ada promo juga dia akan kayak push. Itu sih enaknya kalau untuk jadi affiliate, ada grup-grup yang dimana kita juga tau nih hari ini ada brand day apa, campaign apa, jadi banyak bocoran-bocoran intinya biar semuanya cuan bareng lah ya,” tukasnya.