Pada tahun 2024, BCA Digital mencatatkan lonjakan laba bersih sebesar 134,5% secara tahunan, dari Rp46,0 miliar pada 2023 menjadi Rp108,0 miliar pada 2024. Pertumbuhan ini didukung oleh peningkatan Total Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar 30,7%, mencapai Rp11,7 triliun, serta penyaluran kredit yang meningkat 40,5%, mencapai Rp6,5 triliun.

Yoga T. Susilo, Head of Corporate Planning BCA Digital, menjelaskan, jumlah nasabah blu by BCA Digital, platform perbankan digital BCA Digital, juga tumbuh pesat, mencapai lebih dari 2,4 juta pengguna pada 2024. Hal itu, menurutnya, menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan perbankan digital yang ditawarkan oleh BCA Digital.

Baca Juga: Dukung Tren Gaya Hidup Berkelanjutan, BCA Syariah Perluas Inklusi Pembiayaan Syariah untuk Kendaraan Listrik

"Melalui inovasi dan layanan perbankan digitalnya, BCA Digital terus mendorong pertumbuhan ekosistem digital banking yang lebih luas. Di samping itu, pendapatan operasional BCA Digital meningkat 70% dan mencapai Rp1,1 triliun, mencerminkan keberhasilan strategi ekspansi dan optimalisasi layanan," jelasnya dalam mini talkshow yang digelar pada BCA Expoversary 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang (21/2).

BCA Digital juga terus menyiapkan berbagai strategi untuk menghadirkan unique selling point (USP) yang menjadi pembeda dengan kompetitor. Misalnya, bluSaving, nasabah bisa membuka hingga 20 sub rekening dalam satu akun utama; bluGether sebagai fitur tabungan bersama; serta berbagai fitur lainnya.

"Selain itu, blu by BCA Digital juga telah berkolaborasi dengan berbagai platform seperti Blibli, MRT Jakarta, CGV Cinemas, BINUS University, Garuda Indonesia, Kopi Kenangan, dan masih banyak lagi. Selain itu, kami juga hadir bagi para anak muda dengan bluAccount for Teens. Fitur ini membuat anak-anak yang belum ber-KTP bisa membuka rekening perbankan di bawah supervisi orang tuanya," terang Ruli Himawan Nugroho, Head of Marketing & Communications BCA Digital.

Guna meningkatkan literasi dan inklusi finansial di Indonesia, agenda #bluAcademy Teens Guide Into Finance (TGIF) baru saja digelar pada 30 Januari secara hybrid dengan melibatkan 350 peserta dari wilayah barat, tengah, dan timur Indonesia. Inisiatif ini berhasil mengantongi rekor MURI dengan kategori Layanan Digital Perbankan untuk Remaja dengan Saldo Rata-Rata Tertinggi yang dibuktikan lewat dengan data per 31 Desember 2024.

"Pada periode tersebut, terdapat lebih dari 2.500 pengguna bluAccount for Teens dengan rata-rata Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp2,9 miliar dengan saldo rata-rata bluAccount for Teens mencapai lebih dari Rp1,1 juta per rekening. Layanan bluAccount for Teens sendiri baru diluncurkan pada Semester II-2024. Pencapaian ini adalah tanda bahwa upaya edukasi yang dilakukan BCA Digital tidak hanya bermanfaat bagi para anak muda, tetapi berdampak positif terhadap meningkatnya pengguna blu by BCA Digital," pungkasnya.