Masyarakat Indonesia memanfaatkan bulan Ramadan sebagai momentum untuk berbelanja. Laporan Redseer Strategy Consultants mengungkapkan, masyarakat Indonesia akan menghabiskan rata-rata US$300 atau setara Rp4,8 juta per orang selama Ramadan 2025, lebih tinggi dibandingkan negara-negara dengan populasi muslim yang besar lainnya, seperti Timur Tengah dan Afrika Utara hingga Arab Saudi. Data ini menunjukkan tingginya daya beli masyarakat Indonesia selama bulan Ramadan 2025.
Untuk memudahkan pelanggan memenuhi semua kebutuhan di bulan Ramadan, Lazada menggelar rangkaian Lazada Ramadan Sale dari tanggal 25 Februari–3 April 2025. Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo, mengatakan, Lazada Ramadan Sale dirancang agar sesuai dan relevan dengan kebutuhan yang dinamis masyarakat. Terdapat berbagai penawaran, seperti harga spesial serba Rp14.460 untuk berbagai kebutuhan Ramadan, mulai dari kurma, bahan pokok, dan minuman isotonik.
Baca Juga: Tips Belanja Antiboncos dengan Bantuan AI di Lazada
"Ada juga kesempatan mendapatkan buka puasa 'gratis' setiap hari. Khusus di Lazada 3.3 yang sedang berlangsung hingga 7 Maret, ada voucher bonus sampai dengan Rp500.000 yang bisa dikumpulkan pelanggan hanya dengan mengunjungi aplikasi Lazada," jelasnya, dikutip Kamis (6/3/2025).
Sebagai promo puncak, Lazada menggelar Ramadan Mega Sale mulai dari tanggal 16 Maret (mulai pukul 20.00) hingga 21 Maret. Ada kejutan berupa umrah gratis yang bisa didapatkan dengan bermain Lucky Egg dan mengumpulkan diamond mulai dari tanggal 10 Maret. Pelanggan juga punya kesempatan memiliki motor Grand Filano dengan diskon 50% yang bisa dibeli pada pukul 00.00 setiap hari, di periode gelaran Lazada Ramadan Mega Sale.
Melihat perilaku konsumen di tahun sebelumnya, berikut ini adalah beberapa produk yang banyak dicari selama Ramadan:
1. Kebutuhan Sehari-hari
Serupa dengan temuan Redseer, Lazada juga mencatat peningkatan transaksi belanja pada kategori kebutuhan sehari-hari. Produk yang laris khususnya adalah biskuit, snack, makanan instan, makanan siap masak, serta kopi. Selain bahan makanan yang bisa membantu mempersiapkan santapan yang praktis untuk sahur maupun berbuka, penjualan berbagai multivitamin juga meningkat.
Tahun ini, Lazada menyiapkan ribuan paket buka puasa "gratis". Pelanggan hanya perlu membayar Rp1 untuk voucher paket makanan dan minuman di aplikasi Lazada setiap pukul 12.00. Paket-paket ini tersedia setiap hari hingga 31 Maret 2025.
2. Fesyen
Koleksi baju fesyen wanita mulai dari baju muslim, dress, dan alas kaki adalah yang mendominasi, diikuti dengan baju anak-anak dan baju set satu keluarga. Pelanggan yang hunting baju baru bisa memanfaatkan Lazada Ramadan Fashion Festival di aplikasi Lazada, selama 10–15 Maret 2025. Lazada bekerja sama dengan berbagai brand fashion, memberikan penawaran untuk gamis, kulot, hijab, baju koko, serta akesoris fesyen.
3. Kecantikan dan Perawatan Diri
Selain kebutuhan sehari-hari, produk-produk kecantikan dan perawatan diri juga turut mengalami peningkatan penjualan. Perawatan tubuh dan lipstik merupakan yang paling populer, juga perawatan wajah seperti masker.
4. Home Appliances dan Gadgets
Bulan Ramadan merupakan salah satu periode tersibuk bagi dapur di seluruh Indonesia, baik untuk berbuka puasa maupun ketika menjamu tamu saat Lebaran. Tak hanya bahan masakan, peralatan elektronik yang berhubungan dengan pengolahan makanan seperti blender, mixer, juicer, bahkan kompor gas muncul menjadi barang-barang yang menjadi incaran saat Ramadan.
Kipas angin juga menjadi salah satu temuan unik produk yang banyak dibeli saat Ramadan, sejalan dengan upaya membuat rumah makin nyaman untuk berkumpul bersama keluarga dan handai tolan. Selain peralatan elektronik rumah dan dapur, gadget seperti smartphone, laptop dan tablet juga menjadi produk elektronik yang laris yang melonjak dan banyak dibeli.