Visa menjalin kolaborasi dengan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) dalam peluncuran opsi pengembangan pembayaran Visa Contactless pada layanan kereta api komuter Basoetta (Bandar Udara Soekarno-Hatta). Hal ini merupakan komitmen dalam meningkatkan layanan yang sebelumnya telah terjalin kerja sama.

Sebelumnya, pembayaran tiket Commuter Line Basoetta dengan Visa ini hanya bisa dilakukan dengan cara menggesek atau memasukan kartu Visa ke mesin EDC. Dengan peluncuran ini, fitur Visa Contactless dapat digunakan masyarakat dengan menempelkan kartu dengan mesin EDC untuk menyelesaikan transaksi pembayaran.

Baca Juga: Tingkatkan Pengalaman Wisman di Indonesia, Visa Gandeng Kementerian Pariwisata

Acara peluncuran ini turut dihadiri oleh perwakilan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia serta jajaran direksi PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), dan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ), menandai kolaborasi strategis lintas pemangku kepentingan dalam meningkatkan mobilitas publik dan mendorong transformasi menuju kota cerdas.

"Visa berkomitmen menghadirkan solusi yang mempermudah kehidupan sehari-hari. Teknologi contactless kami membuat perjalanan menjadi lebih mudah, cepat, dan aman. Kami bangga dapat bekerja sama dengan MITJ, KAI, dan KCI untuk menghadirkan inovasi ini di layanan Commuter Line Basoetta," ujar Vira Widiyasari, Country Manager, Visa Indonesia belum lama ini, dikutip Kamis (26/6/2025).

Studi terbaru dari Visa mengungkap bahwa 84% masyarakat Indonesia menginginkan opsi pembayaran contactless untuk transportasi umum, dan 76% menyatakan akan lebih sering menggunakan transportasi publik jika pilihan ini tersedia. Studi yang sama juga menunjukkan bahwa 40% responden telah menggunakan contactless untuk transportasi, dan 70% menyatakan bersedia memiliki kartu contactless jika dapat mempermudah akses transportasi publik. 

Sebagai mitra strategis dalam transformasi digital sektor transportasi, PT MITJ dipercaya oleh Visa Worldwide Indonesia untuk mengintegrasikan teknologi Visa EMV Enablement ke seluruh operator transportasi publik, termasuk layanan kereta bandara.

"Dengan diperkenalkannya fitur Tap to Pay menggunakan kartu Visa contactless di Kereta Bandara Soekarno-Hatta, kita memasuki era baru transaksi tanpa hambatan–seamless transaction–yang memberikan kenyamanan maksimal bagi seluruh pengguna, baik domestik maupun internasional yang telah membawa kartu Visa dari negara asal mereka," jelas Fuad I.Z. Fachroeddin, Direktur Utama PT MITJ.

Selain meningkatkan efisiensi dan kenyamanan bagi pengguna domestik, solusi ini juga dirancang untuk mendukung wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia. Integrasi pembayaran contactless Visa di layanan Commuter Line Basoetta memungkinkan wisatawan menggunakan kartu Visa yang mereka miliki, atau perangkat yang mendukung Visa seperti jam tangan pintar dan aplikasi pembayaran dari bank mitra.

Hingga saat ini, Visa telah meluncurkan lebih dari 650 proyek transportasi publik berbasis contactless di seluruh dunia dan kini menghadirkan standar global tersebut ke Indonesia. "Implementasi teknologi pembayaran Visa Contactless ditujukan untuk memberikan manfaat nyata bagi Commuter Line, khususnya wisatawan dan komuter yang setiap hari mengandalkan transportasi umum. Kehadiran solusi ini memungkinkan masyarakat menikmati perjalanan yang lebih lancar dan efisien," ujar Asdo Artriviyanto, Direktur Utama, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).