Peran Kolaborasi dengan Platform Digital
Dikatakan Daniel, kolaborasi menjadi kunci lain yang menurutnya akan membentuk masa depan industri makanan bayi dan anak.
Bagi Kalbe sendiri, kata dia, bekerja sama dengan platform digital seperti TikTok telah membuka banyak peluang, mulai dari edukasi, awareness, hingga peningkatan penjualan.
“Sebenarnya harusnya secara tidak langsung sudah terjadi kerjasama. Dengan TikTok, bukan hanya brand kami saja, tapi juga brand-brand lain. Start from creating awareness sampai creating sales, itu pasti bermanfaat, termasuk edukasi,” kata Daniel.
Lebih jauh, feedback dari konsumen melalui review dan komentar juga menjadi masukan berharga.
“Saat ini, recommendation untuk mendapatkan pain points dari consumer itu sangat mudah didapatkan. Dari review, komen, itu jadi insight untuk improvement, edukasi, sampai inovasi,” tambahnya.
Daniel juga menyoroti pentingnya interaksi langsung antara brand dan konsumen. Live streaming, misalnya, memungkinkan pengguna bertanya langsung tentang manfaat produk, sekaligus membangun kepercayaan dan kedekatan emosional dengan brand.
Ia menyebut bahwa dalam ekosistem ini, peran KOL maupun KOC sangat besar dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Kalbe Nutritionals sendiri, kata Daniel, memiliki sistem ketat dalam meluncurkan produk baru. Mulai dari riset data, ideasi, studi produk global, hingga pameran, semua dievaluasi dalam forum internal.
“Setelah menjadikan beberapa prototype, ada beberapa step. Internal survey, external survey, sampai melihat aspek packaging, pricing, dan konsekuensi dari multi dimensi,” ujar Daniel.
Namun, ia mengakui bahwa eksplorasi inovasi selalu diiringi tantangan investasi.
“Investasi itu kan menjadi sesuatu yang lumayan. Karena untuk investasi musik kecil, pastikan sesuai kapasitas dan segala macam. Jadi banyak yang kita pertimbangkan untuk launching as a product,” tegasnya.
Pada akhirnya, Daniel melihat bahwa peluang terbesar bukan hanya pada menciptakan produk baru, tetapi bagaimana produk tersebut bisa menjawab kebutuhan nyata konsumen dan mendukung generasi masa depan yang lebih sehat.
“Kolaborasi itu bisa sama-sama tumbuh untuk melihat the next generation,” tutupnya.