Growthmates, pasti kamu sudah gak asing lagi dengan brand fast fashion asal Jepang, UNIQLO, kan? Brand ini telah sukses di kancah dunia dan mampu mendapatkan perhatian dari konsumen-konsumen kalangan anak muda atau Gen Z, khususnya yang menyukai pakaian simple dan juga casual.
Namun, tahukah kamu bahwa kesuksesan UNIQLO ini berawal dari kesalahan nama yang dilakukan karyawannya saat mendaftarkan nama brand? Begini kisahnya!
Sejarah Berdirinya UNIQLO
Pada Maret 1949, Hitoshi Yanai, ayah dari Direktur Utama Fast Retailing Tadashi Yanai, membuka toko pakaian pria Ogori Shoji di Kota Ube, Prefektur Yamaguchi.
Tadashi Yanai mengambil alih kepemimpinan perusahaan pada tahun 1984, dan membuka toko pertama UNIQLO yang waktu itu bernama toko pakaian kasual Unique Clothing Warehouse pada 2 Juni 1984 di Kota Hiroshima, Prefektur Hiroshima.
Di tahun 1988, Unique Clothing Warehouse ini, rencananya akan didaftarkan sebagai nama brand resmi milik perusahaan Ogori Shoji di bawah kepemimpinan Tadashi Yanai.
Akan tetapi, nama Unique Clothing Warehouse dianggap terlalu panjang, oleh karena itu nama brand tersebut diubah menjadi Uni-Clo agar mudah disebutkan dan mudah diingat. Namun, saat akan didaftarkan, karyawan yang ditugaskan untuk mendaftarkan brand itu salah menuliskan nama yang seharusnya Uni-Clo menjadi Uni-Qlo.
Baca Juga: Hadirkan Instalasi Gaya London, Yuk Intip Koleksi UNIQLO: C Spring 2024
Tak disangka, berawal dari kesalahan nama yang didaftarkan, justru membawa keberuntungan. Pada tahun 1991, Tadashi Yanai memutuskan untuk mengganti nama toko bajunya menjadi UNIQLO beserta nama perusahaan Ogori Shoji yang diganti menjadi fast retailing, kemudian mendaftarkannya pada bursa saham pada tahun 1994.
Singkat cerita, perkembangan brand UNIQLO berhasil mencuri perhatian banyak orang. Terlebih saat mereka mengeluarkan produk sweater berbahan sintetis fleece, diobral dengan harga 1900 yen dan laku terjual sampai 2 juta helai. Larisnya produk berbahan fleece itu, akhirnya terus berlanjut sampai ke tahun berikutnya.
Langkah pertama ekspansi ke luar Jepang dilakukan dengan membuka kantor UNIQLO di Shanghai pada April 1999. Toko pertama di luar Jepang adalah toko UNIQLO London yang dibuka pada September 2001 di London, Britania Raya. Sedangkan toko pertama UNIQLO di Tiongkok dibuka pada September 2002 di Shanghai.
Melihat kesuksesan UNIQLO di Jepang, brand tersebut mulai masuk ke pasar negara lainnya, termasuk Indonesia. Penasaran seperti apa perjalanan UNIQLO di Tanah Air? Klik halaman berikutnya ya!
Perkembangan UNIQLO di Indonesia
Pada tahun 2013, UNIQLO resmi masuk ke Indonesia. Toko pertamanya terletak di Lotte Shopping Avenue (saat ini Lotte Mall) di superblok Ciputra World Jakarta. Ritel pertamanya di Indonesia dibuat sebagai megastore dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Pada tahun yang sama, UNIQLO membuka dua gerai lainnya, yaitu di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, dan Mal Kelapa Gading 3, Jakarta Utara.
Respon masyarakat Indonesia menyambut baik brand asal Jepang ini. Setelah sukses membuka toko pertamanya di Indonesia, UNIQLO terus mengembangkan bisnis dan membuka toko-toko di tempat lain.
Baca Juga: UNIQLO Neighborhood Store Kedua Segera Dibuka di Indonesia
Pada April 2014, UNIQLO mulai berencana melebarkan sayapnya dan membuka gerai di luar Jakarta untuk pertama kalinya. Gerai pertama UNIQLO yang dibuka di luar Jakarta adalah di Summarecon Mall Serpong, Tangerang. Kemudian, UNIQLO kembali menyasar daerah luar Jakarta (selain Tangerang) pada Oktober 2014, yakni UNIQLO membuka dua gerai lainnya, yaitu di Summarecon Mall Bekasi.
Pada tahun 2017, UNIQLO membuka gerai pertama di Bandung (23 Paskal) dan Surabaya (Tunjungan Plaza & Pakuwon Mall), diikuti dengan gerai pertama di pulau Sumatra, yaitu di Medan (Sun Plaza) pada tahun 2018. Perkembangan brand asal Jepang ini terus berlanjut sampai saat ini sudah lebih dari 70 toko yang dibuka di kota-kota besar Indonesia, baik di pulau Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, hingga Sulawesi.
Wah, keren banget ya! Growthmates, ada yang sering belanja juga gak nih di UNIQLO?