PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menilai bahwa digitalisasi telah mengubah banyak hal, termasuk perilaku transaksi perbankan. Hal itu tercermin dari data CIMB Niaga, yakni hampir semua transaksi nasabah sudah dilakukan melalui digital banking.
Mobile dan Internet Banking Business Development Head Bank CIMB Niaga, Philipp Mulyono, menyebutkan bahwa hingga Juni 2024, 90% nasabah CIMB Niaga melakukan berbagai transaksi perbankan melalui digital banking, seperti Octo Mobile. Berdasarkan data tersebut, Philipp menyadari bahwa digitalisasi menjadi suatu keharusan di era saat ini, terlebih bagi bank dan penyedia jasa keuangan.
Baca Juga: Optimisme CIMB Niaga Kredit Perbankan Tumbuh Signifikan Ditopang Sektor Konsumer
"Semua inovasi digital itu dilakukan dan dikembangkan CIMB Niaga berdasarkan kebutuhan masyarakat," ungkap Philipp dalam kegiatan CIMB Niaga Jurnalisme Inspiratif, Jurnalisme Class dan Workshop di Bogor, Kamis, 24 Oktober 2024.
Ia menambahkan, cara pandang dan perilaku nasabah terhadap transaksi era kini telah banyak berubah. Misalnya saja, dulu nasabah mau datang ke kantor cabang untuk bertransaksi atau melakukan pembuatan kartu. Namun saat ini, semua hal tersebut dapat dilakukan hanya melalui handphone. Oleh karena itu, lanjutnya, CIMB Niaga memilih fokus melakukan berbagai inovasi digital untuk menjawab kebutuhan nasabah, termasuk dengan mengembangkan fitur-fitur di Octo Mobile.
"Bagi kami, inovasi itu tak harus menjadi yang pertama, tetapi menjadi yang benar untuk menjawab kebutuhan nasabah," tambah Philipp.
Senada dengan Philipp, Digital Channel Development Project & Availability Head CIMB Niaga, Ramadhoni Caesar Putra, mengatakan bahwa setiap fitur Octo Mobile dikembangkan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan experience nasabah. Dengan begitu, Octo Mobile dapat melengkapi kehidupan nasabah dengan layanan selama 24 jam.
"Octo Mobile ini melengkapi kehidupan nasabah, dari mulai membuka mata sampai mau tidur, semua kebutuhan bisa dilengkapi dengan Octo Mobile.