Rasa takut gagal di tempat kerja sering kali menghantui dan memicu munculnya sikap pesimis. Alih-alih bertahan dan berusaha memberikan yang terbaik, ketakutan ini justru membuat seseorang mudah stres, kelelahan, dan enggan mengambil tantangan baru. Akibatnya, peluang untuk berbagi ide inovatif pun terhambat, dan pertumbuhan karier bisa ikut terhenti.

Seorang profesional yang ulung bukanlah mereka yang menghindari kegagalan. Justru, mereka belajar menghadapi kegagalan secara langsung dan dijadikan sebagai batu loncatan menuju perbaikan dan kesuksesan jangka panjang.

Kunci dari mengatasi rasa takut gagal di tempat kerja  tak lain adalah mengubah perspektif atau cara pandang. Lihatlah kegagalan bukan sebagai hal yang perlu ditakuti, melainkan sebagai umpan balik untuk berkembang.

Berikut ini dirangkum dari laman Forbes, Rabu (30/4/2025), tujuh langkah jitu mengatasi rasa takut gagal di tempat kerja yang bisa kamu terapkan untuk karier yang lebih baik.

Baca Juga: Tips Karier Sukses ala Wapres BCA Hendra Lembong

  1. Kegagalan Itu Hal yang Universal

Bahkan orang-orang yang paling sukses pun pernah mengalami kegagalan yang signifikan. Steve Jobs pun pernah dipecat dari Apple, perusahaan yang ia dirikan bersama, sebelum kembali beberapa tahun kemudian untuk memimpinnya menuju kesuksesan yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Perusahaan pertama Bill Gates, Traf-O-Data, mengalami kegagalan sebelum ia mendirikan Microsoft. Banyak penerbit menolak JK Rowling sebelum Harry Potter menjadi fenomena global. 

Memahami bahwa kegagalan adalah pengalaman universal—bahkan bagi mereka pebisnis sukses sekalipun—dapat membantu menormalkannya dalam pikiran dan mengurangi pengaruhnya terhadap dirimu ke depannya.