Seorang pemimpin kerap menjadikan kompetitor sebagai indikator dalam pengambilan sebuah keputusan, termasuk dalam hal bisnis. Hal ini bertolak belakang dengan apa yang menjadi prinsip seorang Ignasius Jonan.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) periode 2009-2014, Ignasius Jonan, mengatakan bahwa seorang pemimpin seharusnya lebih fokus pada pelanggan dalam menjalani bisnis, bukan ke kompetitor.

"Fokusnya itu customer, bukan kompetitor," tegas Jonan, dilansir Olenka pada Kamis, 31 Juli 2025.

Baca Juga: Menengok Warisan Jonan Soal Peraturan Larangan Merokok di Kereta Api

Terkait hal itu, Jonan mengisahkan pengalamannya saat di KAI. Kala itu, frekuensi perjalanan kereta api jurusan Jakarta-Bandung semakin sedikit dan sepi peminat. Karyawan KAI kala itu menjawab bahwa penurunan jumlah penumpang rute Jakarta-Bandung karena kehadiran jalan tol.

Ia menegaskan, KAI tidak perlu fokus ke kehadiran jalan tol. Akan tetapi, KAI perlu meningkatkan kualitas layanan yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Hal ini mendorong peningkatan jumlah pelanggan kereta api Jakarta-Bandung yang pada akhirnya meningkatkan jumlah frekuensi perjalanan KA.

"Nah fokusnya itu melayani customer, bukan fokusnya itu justru ke kompetitor," ungkap Jonan menambahkan.