Kebutuhan industri kuliner akan solusi digital makin tidak terelakkan. Berfungsi meningkatkan efisiensi layanan sehingga mampu memperbesar pendapatan, PT Esensi Solusi Buana (ESB) memperkenalan OLIN sebagai aplikasi AI (artificial intelligence/kecerdasan buatan) pertama di industri kuliner Indonesia yang dikembangkan secara lokal oleh ESB.
Gunawan, Co-Founder & CEO ESB, menjelaskan bahwa OLIN yang diperkenalkan secara resmi pada tahun 2025 ini telah dilatih intensif selama dua tahun untuk memahami ritme dan tantangan unik dalam industri kuliner. Menurutnya, OLIN bukan hanya pendamping operasional, melainkan juga sebagai asisten cerdas yang membantu pemilik bisnis mengambil keputusan yang lebih baik, berbasis data, dan berorientasi jangka panjang.
Baca Juga: Perkuat Kolaborasi Digital di Indonesia Lewat Huawei Indonesia Partner Summit 2025
"Lewat OLIN, pelaku usaha mendapatkan manfaat layaknya memiliki empat profesional sekaligus: analis bisnis, akuntan, auditor, dan konsultan. Semuanya dalam satu sistem yang mudah diakses dan siap mendukung pertumbuhan bisnis mereka," jelasnya dalam konferensi pers di BSD, Tangerang Selatan, Rabu (30/4/2025).
Lebih lanjut dijelaskan, OLIN bekerja secara proaktif dalam membaca data operasional harian, menganalisis tren, dan memberikan saran bisnis yang bisa langsung diimplementasikan. Keunggulannya terletak pada kemampuannya memadukan kecerdasan buatan dengan intuisi bisnis; menjadikannya tidak hanya alat bantu, tapi mitra berpikir strategis.
"OLIN telah terbukti mampu meningkatkan penjualan lebih dari 50% dengan kemampuannya memproyeksikan penjualan, mendeteksi potensi kecurangan secara otomatis, serta memberikan strategi up-selling dan rekomendasi promosi berdasarkan kebiasaan pelanggan dan performa menu. OLIN memberikan insight nyata dan dapat langsung ditindaklanjuti. Melalui fitur-fitur ini, OLIN membantu pemilik bisnis untuk mengambil keputusan yang lebih cerdas, strategis, dan berbasis data—mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dan signifikan," tegas Gunawan.
Dia mengeklaim bahwa OLIN didukung oleh empat (4) kelebihan, yakni kemudahan (convenience) melalui antarmuka yang intuitif serta saran praktis yang bisa langsung diterapkan tanpa keahlian teknis; akurasi (accuracy) dengan prediksi dan analisis berakurasi hingga 98%, terutama setelah penggunaan sistem ESB selama minimal tiga bulan; keandalan (reliability) tercapai berkat algoritma yang dikembangkan dari data ratusan merchant aktif selama lebih dari dua tahun; serta keamanan (security) yang dijamin melalui penyimpanan data di server milik ESB yang telah memenuhi standar perlindungan informasi bisnis tingkat tinggi.