PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menerima penghargaan atas komitmen yang dilakukan untuk inovasi operasional perbankan pada acara 1st Indonesia Operations Banking Summit (IOBS) 2025 yang digelar di Jakarta, Senin (28/05).

Acara ini diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Direktur Operasional Perbankan (FKDOP) dengan tujuan untuk mendorong kompetisi berkelanjutan untuk mengejar standar yang lebih tinggi, memastikan adanya regenerasi inovasi dalam industri perbankan, serta mendorong kolaborasi dan alih pengetahuan antar bank.

Baca Juga: Danamon Paparkan Wawasan Kondisi Perekonomian Dunia Terkini kepada Nasabah

"Kami berterima kasih atas penghargaan yang diberikan FKDOP untuk tim Operations Danamon di acara IOBS 2025. Acara ini merupakan salah satu wujud komitmen Danamon untuk mengembangkan talenta dan inovasi dalam menerapkan budaya kaizen atau peningkatan dan perbaikan terus-menerus di tim Operations," ujar Evi Damayanti, Chief Human Capital and Operations Officer Danamon, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (20/6/2025).

Dia menegaskan, "Partisipasi kami di acara IOBS ini menegaskan komitmen kami untuk terus menyediakan solusi finansial terbaik yang holistik dan sesuai untuk memenuhi kebutuhan nasabah kami dengan berlandaskan pada keunggulan operasional kami, serta untuk terus berinovasi agar kami dapat selalu menjawab kepercayaan dan kesetiaan nasabah kami."

Pada acara IOBS 2025 ini, sebanyak 135 partisipan dari 104 bank berkompetisi untuk menciptakan solusi operasional perbankan yang efektif dan efisien, tidak hanya mampu untuk mengatasi permasalahan operasional sehari-hari, tetapi juga berkontribusi dalam pengembangan strategi operasional jangka panjang yang berdampak positif bagi industri perbankan nasional. Penilaian atas inovasi yang dihadirkan berfokus pada perencanaan strategis dan pemahaman masalah, pelaksanaan dan implementasi solusi, evaluasi dan pengukuran kinerja, penyempurnaan dan tindak lanjut berkelanjutan, pencapaian rekognisi dari lembaga internasional, serta kreativitas dan presentasi.

Dalam kompetisi ini, Danamon memenangkan 10 penghargaan, termasuk satu Diamond Award untuk sistem pengelolaan akses identitas internal Danamon, enam Gold Award untuk berbagai inovasi, di antaranya chatbot dengan kecerdasan buatan (AI) generatif, mesin telepon berbasis web, dan otomasi proses pengecekan dokumen berganda, serta tiga Silver Award untuk proyek pengembangan seperti katalog elektronik dan sistem pengarsipan dan prosedur aplikasi D’Track.

"Penghargaan ini akan selalu menginspirasi Danamon untuk selalu menjadi mitra keuangan terpercaya yang berorientasi pasa nasabah. Di tengah langkah pertumbuhan Danamon sebagai Satu Grup Finansial bersama dengan MUFG sebagai perusahaan induk dan para anggota serta mitra grup perusahaan lainnya, Danamon berkomitmen menjadi grup finansial yang memanfaatkan jaringan global dan nasional yang menyediakan solusi finansial menyeluruh agar mendukung nasabah untuk tumbuh bersama dengan Danamon," pungkas Evi.