Air mineral menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi manusia. Setidaknya, masyarakat disarankan untuk mengonsumsi hingga 2 liter air putih setiap harinya untuk menunjang gaya hidup sehat.
Menjawab kebutuhan tersebut, sejumlah perusahaan menawarkan solusi supaya masyarakat bisa mengonsumsi air putih dengan lebih mudah dan praktis melalui produk air minum dalam kemasan (AMDK).
Mulai dari harga yang ekonomis hingga premium, berbagai brand air mineral hadir di Indonesia dan semakin melengkapi pilihan bagi masyarakat. Lantas, apa saja brand air mineral ternama yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia?
Baca Juga: Kisah Sukses CLEO, Brand Air Mineral Besutan Taipan Hermanto Tanoko
1. Aqua - Danone Indonesia
Aqua menjadi pionir brand air mineral dalam kemasan (AMDK) di Indonesia. Brand ini bermula dari bisnis air mineral kemasan yang dirintis oleh Tirto Utomo pada tahun 1973 silam.
Kala itu, Tirto Utomo mendirikan pabrik air mineral di kawasan Pondok Ungu, Bekasi di bawah naungan PT Aqua Golden Mississipi. Setahun setelahnya atau pada tahun 1974, perusahaan ini mulai memperkenalkan merek Aqua dengan kemasan 950 ml.
Menariknya, kala itu Aqua diproduksi untuk membidik para turis dan ekspatriat yang ada di Indonesia sehingga dikemas dalam botol kaca dengan harga yang tergolong premium. Lambat laun, Aqua mulai melebarkan pasar dengan merambah masyarakat umum dan dijual dengan harga yang lebih terjangkau.
Potensi yang besar membuat Aqua menarik di mata investor. Hingga pada tahun 1998, perusahaan multinasional asal Prancis, Danone mengakuisisi mayoritas saham PT Aqua Golden Mississippi. Meski begitu, Tirto Utomo masih menjadi pemegang saham minoritas Aqua melalui PT Tirta Investama.
2. Le Minerale - Mayora Group
Le Minerale menjadi salah satu pemain utama dalam industri air mineral di Indonesia. Le Minerale pertama kali diproduksi pada tahun 2015 oleh PT Tirta Fresindo Jaya yang menjadi bagian dari Mayora Group.
Kala itu, Le Minerale hadir untuk menjawab kebutuhan air mineral steril di Indonesia. Meski terbilang pemain baru, Le Minerale mampu menegaskan posisi sebagai kompetitor utama bagi Aqua di industri air minum dalam kemasan Tanah Air.
Le Minerale bahkan telah memiliki pabrik sendiri yang berlokasi di beberapa kota besar, seperti Ciawi, Cianjur, Sukabumi, Pasuruan, Palembang, dan Makassar.
3. Vit - Danone Group
Selain Aqua yang menyasar segmen premium, Danone Group juga memiliki brand air mineral lain yang lebih ekonomis, yakni Vit. Air mineral Vit pertama kali diproduksi oleh PT Varia Industri Tirta pada tahun 1982.
Tepat pada tahun 1987, PT Varia Industri Tirta resmi diakuisisi oleh Tirto Utomo yang kemudian merger ke dalam PT Tirta Investama. Adapun saat ini, mayoritas saham PT Tirta Investama dipegang oleh Danone Group.
4. Cleo - Tanobel Group
CLEO merupakan brand air minum dalam kemasan (AMDK) di bawah naungan PT Sariguna Primatirta Tbk besutan Hermanto Tanoko. Identitas perusahaan CLEO juga dikenal dengan sebutan Tanobel Group.
Air mineral Cleo pertama kali diproduksi pada tahun 2004, setahun sejak PT Sariguna Primatirta beroperasi penuh secara komersial pada tahun 2003. Kala itu, Sariguna Primatirta berhasil mengakuisisi produsen AMDK bermerek Anda yang bergerak dalam bidang pengolahan air dari mata air Gunung Arjuna.
5. Ades - Coca-Cola Company
Ades menjadi brand air mineral yang pertama kali diproduksi oleh PT Akasha Wira Internasional dan PT Coca-Cola Bottling Indonesia pada tahun 1986.
Sebelum dimiliki oleh The Coca-Cola Company, merek dagang Ades lebih dulu dimiliki oleh PT AdeS Waters Indonesia. Kini, air mineral Ades juga tersedia di Jepang dengan brand I-Lohas.
6. Nestlé Pure Life - Nestlé Group
Nestlé Pure Life adalah salah satu merek air minum mineral paling populer di Indonesia dan dunia.
Lisensi Nestlé Pure Life dimiliki oleh Nestlé Water SA. Sejak tahun 2005, PT Akasha Wira International Tbk mulai memproduksi dan mendistribusikan Nestlé Pure Life untuk pasar Indonesia.
7. Crystalline - Orang Tua Group
Brand air mineral yang juga populer di Indonesia ialah Crystalline. Air mineral Crystalline pertama kali diproduksi oleh Orang Tua Group (OT Group) pada tahun 2016.
Melalui brand Crystalline, OT Group optimis dapat memasuki klasemen lima besar pemain industri air mineral di Indonesia. Hal itu dilakukan dengan berbagai strategi, termasuk memperkuat brand melalui partisipasi di sejumlah ajang nasional hingga internasional.
8. Pristine - Sinar Mas Group
Dikenal sebagai konglomerasi properti, Sinar Mas Group juga terjun ke bisnis air mineral. Digagas oleh Fuganto Widjaja, Sinar Mas Group meluncurkan brand air mineral Pristine pada tahun 2006 silam.
Pristine diproduksi oleh anak usaha Sinar Mas Group, PT Super Wahana Tehno bekerja sama dengan Nihon Trim Co.Ltd. Salah satu branding dari produk ialah Pristine menawarkan air mineral ddengan pH tinggi yakni 8.6+.
9. Club - Indofood Group
Konglomerasi Indofood Group milik Anthoni Salim juga turut masuk dalam industri air mineral kemasan melalui brand Club.
Indofood resmi memiliki brand Club usai mengakuisisi kelompok usaha pemilik merek dagang Club, yakni Grup Tirta Bahagia.
Salah satu kekuatan dari brand Club ialah harga air mineral yang terbilang sangat murah dibandingkan merek lain. Sebaran produk Club juga telah menembus wilayah-wilayah pelosok Tanah Air.
10. Equil - Equilindo Asri
Dari segmen premium, ada merek air mineral Equil. Dirintis oleh Morgen Sutanto melalui PT Equilindo Asri pada tahun 1998, Equil yang berasal dari Sukabumi tidak hanya kuat di pasar Indonesia, tetapi juga dunia.
Equil menjadi brand air mineral yang berhasil menjadi pemain utama di segmen kelas atas. Produk Equil kerap terjadi di meja makan restoran dan hotel mewah hingga pertemuan penting kenegaraan.
11. Oasis - Oasis Group
Oasis merupakan brand air mineral yang diproduksi pada tahun 1984 di bawah naungan PT Santa Rosa Indonesia yang kini berganti nama menjadi PT Oasis Waters International.
Produk Oasis pertama kali dipasarkan di tiga area utama, yakni Jakarta, Cilegon, dan Bandung. Kini produk Oasis sangat mudah ditemukan di berbagai wilayah Indonesia dengan harga yang relatif terjangkau.
12. Aquviva - Wings Group
Aquviva menjadi brand pendatang baru di industri air mineral Indonesia yang menyita perhatian publik.
Brand Aquviva baru diluncurkan oleh Wings Group pada Februari 2025 lalu. Meski terbilang sangat baru, Aquviva sudah populer dan turut memperketat persaingan di pasar air minum dalam kemasan Tanah Air. Hal itu didukung oleh jaringan distribusi yang kuat dalam ekosistem Wings Group.