Banyak pebisnis kopi yang memulai usahanya dari sekadar hobi menikmati secangkir kopi. Hal serupa dilakukan oleh Silvi Adelia, yang mencoba peruntungan lewat kecintaannya pada dunia kopi. Bermodal kemampuan yang diasah melalui pelatihan yang diikuti, Silvi dengan serius belajar meracik kopi hingga lahirlah brand Kopi Pujaan Hati.

Menukil dari artikel yang dimuat daya.idsebelum terjun menjadi pebisnis, Silvi Adelia berkarier di salah satu perusahaan multinasional sebagai seorang marketing. Namun, di tengah puncak kariernya, lulusan sarjana psikolog itu justru memutuskan banting setir untuk merintis bisnis F&B.

Diakui Silvi, hobi ngopi menjadi pemantik semangatnya untuk belajar lebih dalam soal cara meracik kopi yang enak. Tak sekadar untuk dinikmati sendiri, ia pun menaruh tekad besar untuk merintis bisnis kopi dan membangun brand miliknya sendiri.

Baca Juga: Berawal Dari Hobi ‘Ngopi’, Ini Dia Sosok dan Perjalanan Karier Eunike Adelia Pendiri Kopitagram

Sebelum melahirkan brand miliknya, Silvi pun mengikuti sejumlah pelatihan untuk meracik kopi. Salah satunya adalah mengikuti pelatihan  di salah satu daerah penghasil kopi di Ciwidey, Bandung, selama enam bulan lamanya.

Dari banyak pelatihan yang diikuti, Silvi menjadi paham bahwa kopi yang enak didapat dari biji berkualitas dan diracik dengan baik. Hingga akhirnya, Silvi pun memantapkan diri untuk merintis bisnis kopi. Saat itulah, ia memutuskan resign dari pekerjaan sebelumnya agar lebih optimal menjalankan bisnis barunya itu.

Tepatnya pada 2018, Kopi Pujaan Hati pun lahir di Bandung, Jawa Barat. Nama “Pujaan Hati” dipilih sesuai dengan harapan Silvi yang ingin brandnya dikenal dan menjadi pujaan hati banyak orang. Bermodal Rp70 juta, Silvi pun mendirikan coffee shop dengan merek Kopi Pujaan Hati di The Brits, Bandung. 

Kopi Pujaan Hati mengutamakan kualitas bahan baku, dengan menggunakan 100% kopi Arabica yang ramah di lambung dan tidak mengganggu kesehatan. Hal ini bertujuan agar setiap pelanggan bisa menikmati kopi dengan nyaman.

Meski menggunakan biji berkualitas, Silvi menyajikan 35 varian kopi dengan harga yang ramah dikantong, yakni mulai Rp15 ribu-Rp37 ribu. Beberapa menu andalan yang jadi favorit antara lain Susu Pujaan Hati, Es Kopi Susu Jatuh Cinta, dan Cookies Coffee and Cream, yang sempurna bagi penikmat kopi tanpa rasa manis. Selain itu, tersedia juga berbagai pilihan pelengkap seperti teh rasa peach, kentang goreng, risol, brownies, roll cake, croissant, Denis Chocolate, dan camilan lainnya.

Baca Juga: Mengenal Sosok Erma Rosa Ergandia, Pendiri Kopi Nu Sae: Secangkir Hal Baik untuk Banyak Orang

Merintis bisnis memang tak mudah, tentu ada banyak tantangan yang dihadapi oleh Silvi. Seperti kendala saat hendak membuka cabang di pusat perbelanjaan, hingga masalah SDM yang juga menjadi tantangan tersendiri.

Namun, hal tersebut tampaknya terbayar lunas ketika Silvi berhasil membuka cabang Kopi Pujaan Hati di berbagai kota. Mulai dari BSD, Bintaro, Jakarta, dan daerah lainnya. Dalam sumber yang sama, Silvi juga mengungkap omzet dari gerai Kopi Pujaan Hati bisa tembus hingga Rp40-50 juta setiap bulannya.