• Memaksimalkan Fungsi Karyawan dalam Memberikan Perencanaan Keuangan yang Lebih Cepat:

Dengan mengeliminasi proses manual dan merampingkan analisis data dengan AI, karyawan dapat memproses audit, akuntansi, pinjaman, dan aplikasi kredit dengan cepat. Misalnya, pada studi kasus Citi, watsonx Discovery memberdayakan auditor dengan menganalisis definisi kontrol dan memberi skor berdasarkan kriteria perusahaan. Selain itu, AI nextgen ini mampu membantu memproses sejumlah besar transkrip sehingga menghemat waktu auditor secara signifikan.

• Deteksi fraud yang Proaktif untuk Melindungi Institusi dan Para Pelanggan

Keamanan yang proaktif sangat penting dalam lanskap digital saat ini, terutama di industri sektor keuangan. watsonx memanfaatkan data science untuk menganalisis pola dan mengidentifikasi aktivitas yang tidak biasa untuk membantu mencegah serangan siber. Dengan memanfaatkan AI generatif, lembaga keuangan dapat memanfaatkan biometrik berbasis perilaku untuk mengidentifikasi dan menghentikan login dan transaksi penipuan tanpa menghambat pengalaman pelanggan.

Baca Juga: Pentingnya Kolaborasi untuk Memerangi Kejahatan Digital Keuangan di Indonesia

Selain dari hal-hal yang telah disebutkan, watsonx memungkinkan perusahaan untuk membangun, meningkatkan skala, dan mengatur solusi AI mereka yang telah terkustomisasi sehingga mereka dapat dengan mudah membangun aplikasi AI yang telah disesuaikan untuk tujuan bisnis mereka, serta mengelola semua sumber data dan mempercepat alur kerja AI yang bertanggung jawab.

"Dengan mengedepankan kemitraan antara manusia dan AI, lembaga keuangan Indonesia dapat membuka potensi terbaik AI, membina pengalaman pelanggan yang luar biasa, meningkatkan keamanan, dan mendorong pertumbuhan bisnis di era yang dinamis ini," pungkas Roy.