Growthmates, konsisten mewujudkan komitmennya untuk mewadahi pertumbuhan bisnis UMKM dan brand Lokal, Shopee terus menciptakan berbagai inisiatif dan program demi menghadirkan lebih banyak peluang baru. Mendorong UMKM dan brand lokal agar terus bertransformasi memperkuat eksistensi, serta mampu beradaptasi memaksimalkan keberadaan teknologi dan fitur elemen interaksi guna menjawab kebutuhan konsumen yang terus berkembang. Hal ini selaras dengan misi Shopee untuk senantiasa meningkatkan kualitas hidup seluruh pengguna melalui pengalaman belanja online terbaik dan interaktif.

Tak hanya berjaya di negeri sendiri, produk-produk UMKM dan brand lokal kini sukses berdaya saing global melalui Program Ekspor Shopee yang berhasil membuka jalan bagi lebih dari 26 juta produk lokal untuk diekspor ke berbagai negara di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin.

Monica Vionna, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, mengatakan, sepanjang beroperasi di Indonesia, Shopee berupaya mewujudkan komitmennya dalam berperan aktif mendorong roda perekonomian Indonesia. Sejumlah inovasi berkelanjutan yang dihadirkan telah berkontribusi membantu para UMKM dan brand lokal untuk berkembang hingga mencapai potensi pertumbuhan bisnis yang maksimal.

“Kini, kita dapat menyaksikan bagaimana pencapaian positif performa bisnis para pelaku usaha lokal dan sejalan dengan meningkatnya antusiasme dan permintaan pengguna terhadap produk tanah air. Tentunya, pencapaian luar biasa ini tidak terlepas dari dukungan dan sinergi seluruh ekosistem Shopee yang terus menciptakan dampak positif yang luas,” tutur Monica.

Hadirkan panggung dan peluang potensi bisnis UMKM dan brand lokal

Monica melanjutkan, Shopee berinovasi menghadirkan kampanye belanja tematik yang lengkap dan bervariasi untuk memberikan panggung bagi brand Lokal dan UMKM untuk memasarkan produknya dengan maksimal.

Terlebih, berbagai momen penting di sepanjang tahun menjadi daya tarik bagi konsumen untuk mencari penawaran spesial, dan kelengkapan produk untuk memenuhi berbagai kebutuhannya: 

  • Semarak perayaan 8 tahun Shopee yang ditandai dengan kampanye ikonik, 12.12 Birthday Sale tahun 2023 lalu berhasil merealisasikan terciptanya bisnis berkelanjutan bagi UMKM dan brand lokal. Pada hari puncak kampanye 12.12, tercatat peningkatan transaksi produk lokal hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.
  • Berbagai produk lokal dari kategori Fashion dan Beauty menempati podium teratas sebagai produk yang paling dicari pengguna selama tahun 2023. Celana kulot, hijab pashmina, sneakers, dan dompet menjadi empat produk yang banyak dicari oleh pengguna dalam kategori fashion. Sementara itu, produk kecantikan lokal seperti sunscreen, toner, dan lipstik telah menjadi kebutuhan primer para pengguna. 

Baca Juga: High-End Brands Indonesia by Shopee Hadirkan Pengalaman Belanja Fesyen Eksklusif Hasil Karya Perancang Busana Indonesia