Bank DKI meraih penghargaan Best Banking Digital Transformation Initiatives and Banking Accessibility Category: Retail dan Application dari Selular Media Network, dalam ajang The 21st Annual Selular Award 2024 yang diselenggarakan di Jakarta pada Senin (24/06/2024).
Penghargaan itu disabet Bank DKI atas dedikasi dan komitmen dalam menghadirkan berbagai layanan perbankan digital.
Baca Juga: Bank DBS Indonesia Fasilitasi Pinjaman Berjangka Hijau untuk Kaer
Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono menyambut antusias penghargaan tersebut. Dia mengatakan digitalisasi perbankan sudah menjadi kebutuhan masyarakat, untuk itu pihak berusaha menghadirkan berbagai layanan digital untuk mempermudah nasabah mereka.
“Digitalisasi kini bukan hanya merupakan sekedar pilihan, melainkan keharusan bagi perbankan agar tetap relevan dan berdaya saing di era ekonomi digital. Bank DKI berkomitmen untuk terus berinovasi dalam mengembangkan teknologi digital yang mampu memenuhi kebutuhan nasabah secara optimal dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif," ujar Amirul kepada wartawan Rabu (26/6/2023).
Amirul mengatakan, Penghargaan ini turut didedikasikan kepada seluruh pemangku kepentingan, nasabah, serta mitra bisnis, yang tumbuh dan memberikan kepercayaan kepada Bank DKI. Termasuk langkah kolaborasi, entitas, pemerintahan, BUMD, BUMN, maupun Swasta lain.
”Selain bertujuan untuk memperluas akses keuangan dan meningkatkan nilai tambah atas produk dan layanan, inisiatif transformasi digital Bank DKI juga ditujukan untuk memperkuat kemitraan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selaku pemegang saham, khususnya dukungan terhadap berbagai program Provinsi DKI Jakarta guna mewujudkan visi Jakarta sebagai kota global,” ucapnya.
Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi mengatakan transformasi digital Bank DKI merupakan langkah penting dalam menjawab berbagai kebutuhan pelanggan dan mendukung pertumbuhan ekonomi dan sosial di daerah.
“Dengan mengadopsi teknologi digital, Bank DKI tidak hanya berupaya meningkatkan kenyamanan dan kecepatan layanan perbankan bagi nasabah, tetapi juga berperan aktif dalam mendorong inklusi keuangan dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, khususnya di wilayah Jakarta," kata Arie.
Perlu diketahui, Bank DKI terus melakukan sejumlah pengembangan produk dan layanan digital, diantaranya aplikasi JakOne Mobile sebagai super app, dengan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk kebutuhan transaksi keuangan harian secara digital, seperti pembayaran berbagai tagihan, pajak, retribusi, belanja online, top up uang elektronik maupun transaksi QRIS. Selanjutnya, dalam mendukung perkembangan para pelaku UMKM, Bank DKI hadir dengan layanan JakOne Abank yang dapat memberikan nilai tambah bagi pengembangan usaha melalui sistem keagenan.
Baca Juga: Anies Baswedan Buka Peluang Bertemu Prabowo, Koalisi Indonesia Maju Kompak Merespons
“Terbaru, Bank DKI berkolaborasi bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta meluncurkan Jakarta Tourist Pass untuk memudahkan wisatawan mengakses destinasi populer, transportasi umum, kuliner, event, dan layanan pariwisata lainnya di Jakarta,” tutup Arie.