Wartawan senior Indonesia, Andy F. Noya, mengapresiasi capaian luar biasa yang dicatat oleh Ignasius Jonan dalam mentransformasi layanan PT Kereta Api Indonesia (Persero).
Menurut pria kelahiranSurabaya, 6 November 1960 ini, kepemimpinan Jonan telah membawa perubahan besar yang tidak hanya memperbaiki layanan, tetapi juga mengangkat citra kereta api di mata masyarakat.
Andy pun lantas mengenang masa ketika layanan kereta api belum senyaman sekarang. Saat itu, lanjut dia, banyak penumpang merasa tidak puas dengan fasilitas maupun manajemen perjalanan.
“Pada masa lalu, banyak penumpang merasa kurang nyaman menggunakan layanan kereta api. Kondisi tersebut membuat citra dan reputasi KAI saat itu kurang baik di mata publik,” ungkap Andy, dalam sebuah video sebagaimana dikutip Olenka, Senin (10/11/2025).
Namun kini, kata dia, situasinya berbalik 180 derajat. Andy, yang kerap bepergian menggunakan kereta api, mengaku merasakan langsung perubahan besar tersebut.
“Saya sekarang, karena pulang-pergi dari Jakarta ke Purwokerto itu naik kereta api. Saya juga bersahabat sama semua, sama dirutnya, semua direksinya, semua kepala stasiun, petugas keamanannya. Jadi apa kekuatan kereta api setelah Pak Jonan membereskan urusan ini? Itu kan citranya naik luar biasa,” tutur Andy.
Bagi suami dari Retno Palupi ini, pengalaman naik kereta api kini menjadi sesuatu yang menyenangkan. Ia pun menggambarkan suasana perjalanan yang nyaman dan penuh kemudahan.
“Kita sekarang ini, kalau naik kereta, menyenangkan, rata-rata menyenangkan. Bisa nonton macam-macam. Nonton berita, Netflix, atau belajar. Jadi suasana hati menyenangkan,” ungkapnya.
Baca Juga: Andy F Noya Bicara soal Anak-anak Main Gadget: Orang Tua Harus Jadi Pengawas Bijak
Meski begitu, Andy mengingatkan agar semua pihak di KAI tidak lengah menjaga reputasi yang sudah dibangun dengan susah payah.
“Saya bilang sama teman-teman kereta api, kalian tahu nggak, citra kereta api lagi bagus-bagusnya nih, jaga,” pesannya.
Lebih lanjut, Andy juga menyoroti bagaimana persepsi publik terhadap KAI kini telah berubah drastis.
Menurutnya, jika dulu masyarakat mudah marah dan kecewa saat terjadi kecelakaan atau gangguan layanan, kini reaksi publik lebih tenang dan penuh empati.
“Dulu, begitu ada kereta api celaka, kita marahnya lama sekali, beritanya banyak, lama. Sekarang sudah berbalik cara orang melihat. Karena kita puas dengan pelayanan kereta api, kita bangga dengan situasi dan kondisi kereta api sekarang,” jelas Andy.
Bagi pembawa acara program ‘Kick Andy’ini, perubahan ini menunjukkan bahwa transformasi bukan hanya soal manajemen atau teknologi, tetapi juga tentang membangun kepercayaan publik. Dan di tangan Ignasius Jonan, kata dia, kepercayaan itu berhasil dikembalikan.
“Kereta api yang dulu dicap buruk, sekarang menjadi simbol pelayanan publik yang baik,” pungkas Andy.
Baca Juga: Andy Noya Bagikan Momen Kebaikan Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat