Saat tahun 2025 dimulai, inilah saatnya untuk memulai kebiasaan yang dapat menghasilkan tahun yang lebih sehat, lebih bahagia, dan lebih produktif.

Daripada menetapkan resolusi muluk yang sering kali memudar pada bulan Februari, pertimbangkan untuk mengadopsi kebiasaan kecil dan konsisten yang dapat mengubah hidupmu seiring berjalannya waktu.

Dan, berikut adalah 9 teknik ampuh untuk memastikan bahwa tahun 2025 menjadi tahun terbaikmu.

1. Tingkatkan karisma dengan metode SHR

Karisma bukanlah karakteristik bawaan, ia dapat dikembangkan menggunakan Metode SHR.

Ini berarti membuat orang merasa penting dengan memberi tahu mereka bahwa mereka dilihat, didengar, dan diingat (SHR).

Gunakan kontak mata dan pujian khusus untuk membuat orang merasa diakui. Selain itu, ajukan pertanyaan yang bijaksana untuk menunjukkan minat yang tulus terhadap pemikiran mereka. Misalnya, selama percakapan, ingatlah untuk menindaklanjuti sesuatu yang mereka sebutkan sebelumnya, tindakan sederhana ini dapat meninggalkan kesan yang bertahan lama.

2. Kuasai anggaran dengan menerapkan aturan 50-30-20

Aturan 50-30-20 adalah cara yang sangat baik untuk membuat anggaran: 50% untuk kebutuhan seperti perumahan, tagihan, dan makanan, 30% untuk keinginan seperti hiburan dan perjalanan, dan 20% untuk tabungan seperti deposito berjangka, investasi, dan tabungan pensiun.

3. Berkomunikasi dengan jelas dengan pembaruan status 4 poin

Komunikasi adalah kunci dalam hubungan pribadi dan profesional. Saat kamu memberikan pembaruan, gunakan format Pembaruan Status 4 Poin: Nyatakan apa yang diminta dari kamu, apa yang telah kamu lakukan, risiko atau hambatan apa yang kamu hadapi, dan apa yang akan kamu lakukan dengan lebih banyak waktu.

Kebanyakan orang dalam lingkungan profesional kekurangan waktu, jadi format ini membuat semua orang mengetahui dan memahami kemajuanmu.

4. Atasi perfeksionisme menggunakan aturan 70-20-10

Perfeksionisme dapat menghambat kreativitas, imajinasi, dan kemajuan. Sebaliknya, terapkan Aturan 70-20-10, yang menyatakan bahwa 70% pekerjaan kamu termasuk rata-rata, 20% akan di bawah standar, dan hanya 10% yang akan luar biasa.

Latih pola pikir ini untuk mendorong diri kamu menghasilkan lebih banyak pekerjaan tanpa rasa takut gagal yang menghambatmu. Sama seperti saat kamu menulis laporan, fokuslah untuk menyelesaikannya daripada terobsesi dengan kesempurnaan setiap detail.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh untuk Menjalankan dan Menepati Resolusi Tahun Baru