Brand kecantikan asal Korea Selatan, barenbliss (BNB), merayakan kehadirannya yang ke-4 di Indonesia dengan mengusung tema “Joy in Every Heartbeat” sebagai bagian dari filosofi “Beauty in Joy”.

Tidak hanya menghadirkan inovasi produk kecantikan, BNB jugameluncurkan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) bertajuk 'Pink Library', sebuah inisiatif literasi yang terinspirasi dari gerakan Bookhive.

Program ini bertujuan meningkatkan minat baca di kalangan mahasiswa dan menciptakan ruang berbagi ilmu melalui buku.

Dalam tahap awal, barenbliss mendonasikan 24 rak buku berwarna pink yang tersebar di 24 universitas di Indonesia, termasuk Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta.

“Melalui Pink Library, kami ingin menciptakan wadah di mana mahasiswa tidak hanya bisa membaca, tetapi juga berdonasi buku yang layak baca. Harapannya, inisiatif ini bisa menginspirasi lebih banyak pihak untuk ikut serta berbagi ilmu,” tutur Dwi Agusti Maulidiya (Tia), Public Relations Manager barenbliss Indonesia, dalam keterangannya, Minggu (24/8/2025).

Rak buku tersebut kini hadir di 10 kota besar, seperti Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Banjarmasin, dan Bali dengan prinsip sederhana, yakni "ambil seperlunya, sumbang semampunya".

Inisiatif ini pun mendapat sambutan positif dari Bookhive, sebuah gerakan yang selama ini aktif mempromosikan akses buku di ruang publik.

“Keberadaan Bookhive di ruang publik perkotaan pada akhirnya diadopsi oleh barenbliss dalam bentuk Pink Library. Kami tentu senang sekali banyak pihak mendukung program pertukaran buku gratis seperti yang Bookhive lakukan,” ungkap Yuli Andyono, Managing Director Bookhive.

Yuli pun menambahkan, akses terhadap buku memiliki kekuatan besar untuk mengubah hidup, sekecil apa pun kontribusinya.

“Kami percaya, aksess terhadap buku bisa mengubah hidup. Sekecil apapun, dampaknya besar. Keberadaan Bookhive di ruang publik perkotaan, pada akhirnya diadopsi oleh barenbliss dalam bentuk Pink Library ini,” lanjut Yuli Andyono.

Baca Juga: Hearts2Hearts Resmi Jadi Brand Ambassador barenbliss, Siap Tebar Energi Positif di Indonesia

Membawa Filosofi 'Beauty in Joy' ke Ranah Literasi

Bagi barenbliss, kecantikan sejati tidak hanya hadir dari luar, tetapi juga terpancar dari dalam diri melalui rasa percaya diri, kebahagiaan, dan pengetahuan. Filosofi “Joy in Every Heartbeat” diwujudkan bukan hanya lewat produk kecantikan inovatif, tetapi juga melalui kontribusi nyata yang membawa manfaat sosial.

“BNB percaya literasi adalah kunci membuka jendela dunia, memberdayakan setiap individu, serta menumbuhkan rasa percaya diri yang abadi,” lanjut Tia.

Untuk menjaga koleksi buku tetap relevan, barenbliss menetapkan panduan donasi: buku fiksi (novel, cerpen, komik), non-fiksi (sejarah, seni, psikologi), hingga majalah dapat diterima, sedangkan buku pelajaran, makalah akademik, kamus, atau buku dengan konten sensitif (agama/SARA) tidak termasuk dalam kategori.

Melalui perayaan ulang tahun ke-4 sekaligus peluncuran Pink Library, barenbliss juga menegaskan komitmennya untuk menghadirkan kebahagiaan di setiap detak jantung masyarakat Indonesia.

“Barenbliss berharap inisiatif Pink Library dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk ikut serta dalam gerakan kebaikan ini. Kami akan terus menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, sekaligus berkontribusi menciptakan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari,” tutup Tia.

Baca Juga: barenbliss Hadirkan Inovasi Kecantikan Terbaru untuk Mata dan Bibir, Cek di Sini!