Setiap pekerja pasti memiliki goals yang ingin dicapai dalam pekerjaannya. Biasanya, bisa mendapatkan promosi dan cepat naik jabatan, menjadi hal yang didambakan oleh setiap pekerja. Bagi banyak orang, pencapaian ini bukan hanya soal peningkatan posisi, melainkan menjadi bukti pengakuan atas kerja keras dan dedikasi yang telah diberikan sepenuh hati di tempat kerja.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat promosi dan kenaikan jabatan. Selain faktor keberuntungan dan kesempatan, sifat serta perilaku tertentu memiliki peran penting dalam memperkuat kinerja dan meningkatkan peluang sukses di tempat kerja. Dengan mengembangkan karakter dan etos kerja yang tepat, setiap pekerja dapat membuka jalan menuju puncak kariernya.

Berikut ini dikutip dari laman Times of India, lima strategi ampuh yang dapat dilakukan agar bisa meraih promosi dan cepat naik jabatan di tempat kerja. 

Baca Juga: 5 Cara Menetapkan Batasan di Tempat Kerja Tanpa Merasa Bersalah

1. Jadilah Proaktif dan Ambil Inisiatif

Karakteristik umum yang muncul di antara individu yang dipromosikan dengan cepat adalah sifat proaktif mereka. Profesional seperti itu tidak menunggu tugas diberikan, mereka mengidentifikasi peluang dan mengambil inisiatif untuk mengatasi peluang tersebut. 

Seperti menyarankan perbaikan, menjadi sukarelawan untuk proyek-proyek yang menantang, hingga memecahkan masalah sebelum meningkat. Ini menawarkan potensi kepemimpinan yang signifikan dan jaminan keberhasilan dalam organisasi.

Pendekatan yang berpikiran maju ini tidak hanya menunjukkan keterampilanmu sebagai karyawan, tetapi juga memberi perusahaan kesempatan untuk tumbuh sebagai kontributor yang andal dan inovatif.

2. Mengembangkan Keterampilan Komunikasi yang Kuat

Komunikasi yang baik merupakan persyaratan penting dalam lingkungan kerja apa pun, dan mereka yang mampu berkomunikasi dengan baik akan segera mencapai tujuan. Mereka dapat menyuarakan ide-ide mereka dengan jelas; mereka pendengar yang baik; mereka membantu mengembangkan hubungan yang bersahabat, baik dengan rekan kerja maupun atasan; dan pandai menangani percakapan yang sulit dan umpan balik yang membangun saat berbicara tentang pekerjaan. 

Keterampilan komunikasi meningkatkan kemampuanmu untuk memengaruhi orang lain, menyelesaikan konflik, dan juga membangun jaringan pendukung dalam perusahaan tempat kamu bekerja.

3. Menunjukkan Kemampuan Beradaptasi dan Ketahanan

Kemampuan beradaptasi dan ketahanan semakin dibutuhkan dalam lingkungan kerja yang sangat dinamis. Profesional yang cepat dipromosikan seringkali menunjukkan kemampuan luar biasa untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan dan kemampuan untuk bangkit kembali dari kemunduran. 

Mereka merangkul teknologi, proses, dan ide baru dengan pikiran terbuka. Mereka tetap positif, fokus untuk menemukan solusi, jika terjadi masalah. Ketahanan akan memberi tahu bahwa kamu memiliki kemampuan untuk menangani tekanan dan berkembang dalam lanskap yang berubah setiap hari, sehingga membuatmu lebih berharga bagi perusahaan.

Membangun jejaring adalah cara yang bagus untuk memajukan karier. Orang-orang yang dipromosikan dengan sangat cepat tahu bahwa membangun dan memanfaatkan jaringan mentor, rekan, dan kontak industri yang kuat adalah kuncinya. 

Mereka terhubung dengan orang lain, berbagi pengetahuan dengan orang lain, dan berkolaborasi dalam proyek. Dengan mampu memelihara hubungan ini, kamu akan memiliki akses ke saran, bantuan, dan peluang penting yang dapat membantu mendorong karier.

Baca Juga: 5 Negara Teratas dengan Jam Kerja Terpanjang di Dunia

4. Terus Beri Tahu Manajer

Pastikan kontribusi dan aspirasimu diketahui oleh manajer untuk promosi atau kemajuan. Lakukan pembaruan rutin, umpan balik, dan diskusi tujuan dengan manajer.

Dengan cara ini, kamu mengingatnya untuk peluang di masa depan dan mengembangkan hubungan kerja yang lebih baik, menjaga jalur komunikasi tetap terbuka. 

Dengan terus memberi tahu manajer, kamu dapat menunjukkan bahwa kamu menguasai keadaan, dapat diandalkan, dan proaktif tentang masa depanmu di antara karakteristik penting lainnya yang harus dimiliki seseorang dalam posisi untuk promosi di tempat kerja.