Growthmates, siapa sih yang tak ingin hidup kaya raya? Dengan hidup berkelimpahan harta, semua akan mudah didapatkan. Tapi perlu diingat, untuk menjadi kaya raya tentu perlu usaha ekstra. Usaha yang dapat membawamu menuju ke gerbang kehidupan yang didambakan. 

Bicara soal menjadi kaya raya, hal ini juga berkaitan dengan merdeka finansial. Yap, merdeka secara finansial merupakan fase di mana saat kamu terbebas dari utang dan bisa melakukan apapun tanpa perlu memikirkan banyak biaya yang muncul. 

Tapi perlu diingat, kunci dari merdeka finansial itu komitmen yang tinggi. Berkomitmen untuk mampu mengelola keuangan dengan baik. Nah, buat kamu yang ingin merdeka finansial dan menjadi kaya raya di 2024, berikut Olenka rekemondasikan buku populer tentang personal finance yang wajib kamu baca!

1. Rich Dad, Poor Dad

Buku yang diterbitkan pada 1997 ini merupakan karya Robert Kiyosaki dan Sharon Lechter. Rich Dad, Poor Dad merupakan buku yang membahas masalah finansial yang dihadapi oleh banyak orang, yang disebabkan karena ajaran orang tua yang keliru mengenai keuangan, yang juga dialamin semasa kecil dan remaja.

Rich Dad, Poor Dad ini adalah kisah Robert yang tumbuh bersama dua ayah, ayah kandung dan ayah dari sahabatnya yang kaya raya. Dalam buku ini, Robert menceritakan perbedaan kedua ayahnya dalam membentuk pemikirannya tentang uang dan investasi.

Dalam buku ini, meledakkan mitos bahwa kamu perlu mendapatkan penghasilan tinggi untuk menjadi kaya, dan menjelaskan perbedaan antara bekerja demi uang dan membuat uang bekerja untukmu.

2. The Psychology of Money

The Psychology of Money bisa disebut sebagai buku tentang kesuksesan finansial bagi yang berperilaku baik terhadap uang. Uang bisa menghadirkan kesejahteraan, tapi di sisi lain juga bisa sengsara karena uang. Hal itu tergantung dengan bagaimana kita menyikapi dan mengelola uang yang kita miliki.

Dalam buku karya Morgan Housel ini, dipaparkan 19 cerita pendek yang berkaitan dengan uang dan juga manusia. Dalam buku self-development ini, bukan hanya sekadar membahas soal pengelolaan keuangan, tapi juga membahas tentang perilaku kita mempengaruhi keputusan finansial.

Buku best seller sejak 2018 ini, cocok untuk kamu yang ingin memahami perilaku keuangan, meningkatkan kesadaran finansial, membangun kebiasaan keuangan yang baik, atau bahkan para profesional keuangan.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Aplikasi Buku Online yang Populer di Dunia