Konsisten sejak tahun 2019, PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) akan kembali membagikan dividen pada tahun 2025 ini sebesar total Rp5 miliar, setara dengan Rp0,68 per saham. Pembagian ini berasal dari 56,8 persen dari laba tahun fiskal 2024 yang sebesar Rp8,8 miliar. Sementara itu, pada 2024, BELL membagikan dividen tunai sebesar Rp2,5 miliar rupiah dengan rasio 28,5 persen dari laba bersih tahun sebelumnya.
Karsongno Wongso Djaja, Direktur Utama BELL, menjelaskan, dividen sebesar Rp5 miliar tersebut akan dibagikan pada 15 Mei 2025 mendatang. Keputusan tersebut secara resmi disampaikan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diadakan hari ini di Cimahi.
Baca Juga: Naik 44,60% Laba Hartadinata Abadi Capai Rp442,18 Miliar di 2024
"Pembagian dividen tahun ini sebagai perwujudan konsistensi BELL mempertahankan kinerja positif dan mengapresiasi pemegang saham kami," ujar Karsongno, sebagaimana paparan publik yang dilakukan BELL pada Selasa, 15 April 2025, yang diikuti secara daring dari Jakarta.
Lebih lanjut dijelaskan, di tahun buku 2024, BELL membukukan kenaikan penjualan bersih 9% atau sebesar Rp584,89 miliar dengan total laba bersih mencapai Rp11,53 miliar. Laba kotor BELL juga tumbuh sekitar 14% dari tahun 2023 sebesar Rp164 miliar menjadi Rp186 miliar di tahun 2024. Sementara itu, laba bersih BELL tumbuh sekitar 1% dari Rp11,4 miliar di tahun 2023 menjadi Rp11,5 miliar di tahun 2024.
Karsongno menegaskan, meski kondisi industri tekstil masih menghadapi beberapa tantangan, berbekal pengalaman lebih dari 50 tahun, BELL tetap optimis melangkah tahun ini dengan menargetkan pertumbuhan kinerja 10%. "BELL memutuskan akan berfokus pada inovasi untuk mendorong pertumbuhan kinerja tahun 2025. Dari segi inovasi, BELL memiliki tim R&D yang kompeten untuk membaca dan me-monitoring kebutuhan pasar sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan para konsumennya," ucapnya.
Untuk mendukung pengembangan inovasi tersebut, BELL saat ini sedang dalam pembangunan Trisula Innovation Center. Tidak hanya BELL, Trisula Innovation Center ini nantinya akan digunakan oleh keseluruhan Trisula Group sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan produk-produk Perusahaan.
Selain itu, untuk mendongkrak kinerja tahun ini, BELL juga akan melanjutkan ekspansi retail JOBB dan Jack Nicklaus. Saat ini, BELL sedang dalam proses identifikasi wilayah-wilayah potensial di Indonesia yang akan menjadi fokus ekspansi.