Berkembangnya kebutuhan perjalanan wisata sebagai bagian dari gaya hidup masyarakat turut meningkatkan permintaan masyarakat untuk berwisata, memunculkan tren perjalanan yang baru dan variatif. Sebagai pionir online travel agent, tiket.com, bersama Pusdatin Kemenparekraf RI melakukan riset terkait Tren Perjalanan 2024.

Mengacu pada hasil riset, perjalanan wisata masyarakat Indonesia mengalami peningkatan pada semester 1 2024, baik untuk domestik maupun perjalanan luar negeri. Hal ini disebabkan oleh momen hari libur nasional, cuti bersama, juga libur sekolah, dengan total hari libur mencapai 27 hari. 

Transportasi darat tercatat sebagai opsi transportasi wisata yang diminati masyarakat, terutama pada periode liburan high season. Jelang periode libur lebaran, masyarakat cenderung untuk memilih menggunakan transportasi darat. 

Sedangkan untuk periode libur sekolah, penggunaan bus dan kereta api menjadi favorit. Untuk perjalanan domestik, periode wisata masyarakat berlangsung selama rata-rata 6 hari, dengan destinasi wisata favorit adalah Bali, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan. 

Baca Juga: Warna Baru BCA Tiket.com Travel Fair 2024, Hadirkan Kode Promo Eksklusif Khusus Penerbangan Domestik

Sementara untuk perjalanan internasional, periode wisata masyarakat berlangsung selama rata-rata 15 hari, dengan berwisata ke destinasi short-haul dan medium-haul yang jarak tempuhnya relatif pendek dan sedang, menjadi pilihan utama masyarakat. 

Untuk internasional, destinasi short-haul yang paling banyak diminati adalah Malaysia, Singapura, dan Thailand, diikuti medium-haul yaitu Jepang, Korea Selatan, Australia, dan Hong Kong. 

Sedangkan untuk long-haul, Turki dan Arab Saudi menjadi semakin populer, dan Amerika Serikat menjadi destinasi ulta long-haul favorit.

"Wisatawan kini cenderung memilih perjalanan yang lebih lama dan berkualitas, dengan preferensi pada destinasi yang mudah diakses dan terjangkau," ujar Addin Maulana, Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dalam rilis yang diterima Olenka, Selasa (10/9/2024).

Riset juga dilakukan untuk mengetahui harga tiket penerbangan ke domestik, dimana ditemukan harga tiket untuk ke destinasi di wilayah timur Indonesia cenderung lebih tinggi, sedangkan untuk destinasi wilayah tengah Indonesia harga tiket cenderung lebih rendah. 

Harga tiket penerbangan domestik terendah mencakupi destinasi ke Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Sulawesi Barat, dan Lampung. Sedangkan untuk tarif kamar terendah terdapat di Sulawesi Barat, Bengkulu, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan. 

Baca Juga: Jagoan Pariwisata 2024, Kolaborasi Edukatif tiket.com Perkuat Perkuat Pemberdayaan Desa Wisata

Jelang periode liburan high season, ditemukan juga atraksi wisata favorit masyarakat meliputi landmarks, museum, teater, serta atraksi keluarga seperti water park, playgrounds, dan taman hiburan. Wisatawan juga semakin tertarik mengunjungi atraksi wisata populer yang turut berkontribusi pada peningkatan pemesanan akomodasi dan lama tinggal. 

"Penemuan data ini dapat membantu pemerintah dalam memahami pola perilaku wisatawan dan merumuskan kebijakan yang lebih efektif, khususnya dalam mempromosikan pariwisata nasional," tambah Addin.

Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer, tiket.com, juga mengungkapkan bahwa peningkatan ini berpengaruh terhadap jumlah pemesanan di tiket.com, yang menunjukkan adanya peningkatan pada periode liburan semester 1 2024. 

“tiket.com mencatat peningkatan pada sejumlah produk di setiap periode libur semester 1 2024. Seperti pada musim libur awal tahun, tercatat produk aktivitas wisata meningkat 27%. Sementara saat musim libur Lebaran, produk transportasi meningkat 60,6%, lalu pada musim libur sekolah, produk akomodasi meningkat 43,5% (year-on-year),” kata Gaery.  

Teknologi tentu mengambil peran penting dalam mendukung perkembangan industri pariwisata terutama dalam menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin berwisata. Untuk itu, tiket.com telah menghadirkan ragam inovasi produk, program promo menarik, hingga mengeksplorasi peluang kerjasama dengan berbagai mitra untuk memperkuat layanan dan produk yang dimiliki.

Di samping itu,  program kolaborasi tahunan bersama Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemenparekraf RI ini merupakan komitmen antara tiket.com dan Kemenparekraf RI dalam mendukung pertumbuhan industri pariwisata melalui analisis data yang komprehensif.

"Kembali hadir di tahun ke-empat, kolaborasi strategis antara tiket.com bersama dengan Kemenparekraf RI ini kami jalankan sebagai langkah penting dalam membaca dan memetakan tren pariwisata untuk membantu pemerintah merumuskan kebijakan yang lebih efektif. Dengan menyajikan data yang relevan dan prediksi yang akurat, kami optimis sektor pariwisata Indonesia akan terus berkembang pesat di tahun mendatang,” ujar George Hendrata, Chief Executive Officer, tiket.com, dalam agenda tiket.com Webinar Nasional 2024 bertajuk “Tren Perilaku Wisatawan dan Perjalanan di Indonesia Selama Liburan 2024”. 

Baca Juga: Liburan Sekolah Hampir Tiba! tiket.com Tawarkan Berbagai Pilihan Vila dan Apartemen untuk Liburan Bareng Keluarga

Turut hadir pula Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga turut memaparkan strategi dan kebijakan dalam mencapai target industri pariwisata di tahun 2024. 

Pencapaian sektor pariwisata nasional diketahui mengalami peningkatan yang signifikan, juga mendapatkan pengakuan dalam pasar global. Kedepannya, pariwisata Indonesia akan dikembangkan dengan prinsip berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pariwisata, baik untuk destinasi juga wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. 

“Kemitraan kami bersama tiket.com telah membantu Kemenparekraf RI dalam mencapai target industri pariwisata, dimana tiket.com selalu mendukung kami dalam memberikan data menarik mengenai perilaku wisatawan. Pencapaian pariwisata yang telah kami capai bersama, ditopang oleh data-data yang diberikan tiket.com, mendorong kami untuk menghadirkan kebijakan yang berbasis data dan sesuai dengan perkembangan tren wisata yang ada," imbuh Sandiaga.