Sebagai wujud dukungan terhadap UMKM di Indonesia, TikTok kembali menggelar Kelas Bisnis UMKM #MajuBarengTikTok yang berlangsung pada tanggal 17-18 Juli 2024 di Hotel Bidakara, Jakarta. Melalui program yang berlangsung tiap kuartal sejak tahun 2021 ini, pelaku UMKM mendapatkan berbagai kelas pelatihan yang berfokus pada peningkatan keterampilan digital untuk memajukan bisnis mereka.

Kelas Bisnis UMKM #MajuBarengTikTok menyajikan program pelatihan komprehensif yang diharapkan dapat membuka peluang bagi pelaku UMKM untuk menjangkau audiens lebih luas dan meningkatkan penjualan melalui fitur-fitur dalam ekosistem TikTok. Beberapa materi yang disampaikan, antara lain, perilaku belanja pengguna ShopTokopedia, solusi iklan melalui TikTok Ads, promosi kreatif dengan Video Pendek, berkolaborasi dengan Creator Affiliate untuk memperluas jangkauan dan penjualan, serta penggunaan ragam fitur di TikTok seperti LIVE Shopping, Capcut, dan fitur lainnya.

Baca Juga: Wujudkan Pemanfaatan Sawit yang Inklusif, BPDPKS Gelar Gebyar UMKM & Sawit di Bumi Flobamorata

"Besar harapan kami agar Kelas Bisnis #MajuBarengTikTok dapat membantu para pelaku UMKM untuk memajukan bisnis mereka di platform daring melalui ekosistem TikTok dan solusi iklan TikTok Ads. Kami juga mengundang seller unggulan untuk langsung berbagi kiat sukses mereka dalam LIVE Shopping sehingga para peserta pelatihan dapat memaksimalkan fitur di TikTok untuk meningkatkan penjualan mereka," ungkap Pandu Nitiseputro, Head of SMB TikTok Indonesia, Rabu (17/7/2024).

Selain menggelar program rutin Kelas Bisnis #MajuBarengTikTok, TikTok juga menyediakan kredit iklan senilai total US$3 juta dalam periode tiga tahun (2023-2025) untuk mendukung UMKM lokal Indonesia. Penyaluran kredit iklan dilakukan melalui kerja sama dengan berbagai komunitas UMKM, salah satunya adalah ukmindonesia.id.

ukmindonesia.id merupakan organisasi pengembangan UMKM yang menghadirkan beragam informasi, pengetahuan, serta edukasi bagi para pelaku UMKM Indonesia. Dengan dukungan kredit iklan dari TikTok, ukmindonesia.id dapat terus melakukan edukasi melalui konten kreatif agar menjangkau lebih banyak UMKM di Indonesia. Upaya ini diharapkan dapat mengedukasi UMKM mengenai berbagai macam kiat dalam membangun bisnis, terutama dengan memanfaatkan platform digital secara maksimal.

"Potensi UMKM di Indonesia begitu besar sehingga penting bagi kami untuk terus mendukung pertumbuhan mereka melalui pemenuhan informasi yang tepat, lengkap, dan bermanfaat yang bisa menuntun UMKM agar terus tumbuh. Bantuan berupa kredit iklan dari TikTok sangat bermanfaat bagi ukmindonesia.id untuk menjangkau lebih banyak UMKM," ujar Gilang Ageng, CEO, ukmindonesia.id.

Kisah Inspiratif Alumni Peserta Kelas Bisnis #MajuBarengTikTok

Di Kelas Bisnis UMKM #MajuBarengTikTok bulan Juni 2023 lalu, salah satu UMKM yang turut serta adalah Redshroom Store, penyedia sepatu bot industrial dan produk alas kaki lain. Raymond Mario selaku Operation Manager Redshroom Store menceritakan kisah sukses Redshroom Store yang telah menerapkan ilmu yang didapat dari program #MajuBarengTikTok hingga berhasil meningkatkan pertumbuhan bisnisnya.

Baca Juga: Kadin Indonesia dan JETRO Perkuat Kerja Sama untuk Tingkatkan Kapasitas UMKM

"Setelah menerapkan materi yang kami pelajari dari #MajuBarengTikTok, omzet rata-rata kami berangsur meningkat hingga 90% dibanding sebelum kami mengikuti program ini. Bahkan, omzet kami di tahun 2024 ini hampir tiga kali lipat dari tahun sebelumnya. Kami juga belajar bagaimana live yang menarik dan menghibur," ungkapnya.

TikTok pun mengundang pelaku UMKM di Indonesia untuk berpartisipasi di dalam Kelas Bisnis UMKM #MajuBarengTikTok maupun program pelatihan online yang tersedia sepanjang tahun. Terkait program #MajuBarengTikTok, termasuk bagaimana cara mendaftar dan kapan acara selanjutnya akan diadakan, informasi lebih lengkap bisa didapatkan di https://majubarengtiktok.com/.