Ingram Micro Indonesia melakukan Grand Launching Xvantage™, platform digital revolusioner berbasis kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI), pada Rabu, 11 Desember 2024 di Jakarta. Platform digital layaknya marketplace untuk segmen B2B (business to business) ini sebelumnya telah melakukan soft launching pada 15 Oktober 2024.
Presiden Direktur Ingram Micro Indonesia, Mulia Dewi Karnadi, mengatakan bahwa Xvantage akan mengubah cara kerja distribusi TI. Platform digital ini mengintegrasikan teknologi mutakhir guna mengatasi kompleksitas operasional, merampingkan fungsi bisnis, dan memberdayakan bisnis di Indonesia agar dapat berkembang secara efisien di pasar yang makin kompetitif.
Baca Juga: Ingram Micro Gandeng Google Cloud Security dan Mitra Global Lain Tawarkan Solusi Cybersecurity
"Xvantage melambangkan tonggak penting dalam distribusi TI di Indonesia. Dengan memperkenalkan platform canggih ini, kami bertujuan menyediakan tools bagi para mitra kami untuk menyederhanakan proses, meningkatkan pengambilan keputusan, dan membuka potensi pertumbuhan bisnis mereka. Dengan Xvantage, bisnis dapat menavigasi perubahan pasar dengan cekatan dan tepat, memperkuat keunggulan kompetitif mereka di era digital," jelasnya.
Mitra Ingram Micro dapat mengakses Xvantage kapan saja dan di mana sehingga memudahkan tim memutuskan pemilihan solusi teknologi yang tepat. Selain itu, disediakan artikel dan video tutorial mengenai pemilihan dan penggunaan solusi yang tepat untuk berbagai kondisi kebutuhan perusahaan.
Dewi menerangkan, Xvantage memberdayakan distribusi TI dengan menangani empat fungsi penting, yakni penjualan, keuangan, logistik, dan pemasaran. Untuk tim penjualan, Xvantage mempercepat penutupan transaksi dengan penawaran instan, memanfaatkan potensi penjualan yang diolah oleh AI, dan katalog terpadu untuk menyediakan paket solusi tanpa batas. Sementara, tim keuangan mendapatkan manfaat dari fitur penerbitan faktur otomatis, dasbor real-time guna pengambilan keputusan yang tepat, dan opsi pembiayaan fleksibel yang mengoptimalkan arus kas.
Tak hanya itu, Xvantage menciptakan visibilitas yang lebih baik bagi operasional logistik melalui pelacakan pesanan secara real-time dan manajemen inventaris yang telah disederhanakan, memastikan kontrol rantai pasokan yang efisien dan pengiriman yang cepat. Sementara itu, Xvangtage memungkinkan tim pemasaran memanfaatkan perangkat kampanye digital, wawasan pelanggan berbasis AI, dan kesempatan menyusun pedoman produk untuk meluncurkan kampanye yang tepat sasaran dan berdampak. Xvantage mendorong interaksi bisnis dengan pelanggan dan menyederhanakan komunikasi solusi yang dibutuhkan pelanggan.
Memelopori AI dalam Distribusi TI
Sebagai salah satu platform pertama dalam distribusi TI yang memanfaatkan AI dan pembelajaran mesin, Xvantage menetapkan standar baru untuk efisiensi operasional dan inovasi yang berpusat pada pelanggan. Para pengguna awal telah melaporkan penghematan waktu hingga 50% untuk tugas-tugas pembuatan solusi, serta peningkatan aliran pendapatan berulang, menggarisbawahi dampak transformatif dari platform ini.
"Peluncuran Xvantage menegaskan kembali komitmen Ingram Micro untuk memberdayakan bisnis di Indonesia dalam perjalanan transformasi digital mereka. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, platform ini siap menjadi landasan bagi bisnis yang ingin mengoptimalkan operasi mereka, meningkatkan penawaran mereka, dan mencapai kesuksesan jangka panjang dalam ekonomi digital," pungkas Karnadi.