Kebutuhan manusia atas furnitur berkelas yang merepresentasikan kualitas hidup pengguna tercatat sudah ada sejak 3.110 sebelum masehi (SM). Kala itu raja-raja Mesir Kuno memerintahkan petugas kerajaan untuk membuat kursi yang bisa menjadi simbol bagi kekuasaan dan martabat mereka.
Pada 400 SM masyarakat Yunani Kuno membuat kursi yang dapat menentukan status sosial pengguna. Hal serupa juga tercatat di kalangan bangsa Romawi Kuno, bangsa Jepang, India, China (Dinasti Han), hingga negara-negara di abad XIX.
Di Indonesia sendiri terdapat catatan dalam buku Kursi Kekuasaan Jawa karya Eddy Supriyatna Marizar (2013) bahwa pada periode awal kemerdekaan Indonesia Presiden Soekarno memilih untuk merancang sendiri furnitur di beberapa bangunan pemerintahan seperti Istana Kepresidenan, Istana Negara, dan Istana Merdeka.
Presiden Soekarno merancang kursi bertangan gaya art deco yang menampilkan ekspresi visual kekuasaan para pejabat tinggi di Indonesia. Adapun, Bung Karno menghadirkan kursi-kursi tanpa sandaran tangan yang dipertuntukkan buat para pejabat dengan strata sosial lebih rendah.
Pada era modern kebutuhan masyarakat atas furnitur berkelas terus hadir. Salah seorang pengusaha di industri kreatif Edy Nurmansyah mengatakan dirinya memiliki kebutuhan atas furnitur berkualitas yang memiliki desain premium dan timeless elegance. Menurut dia, kualitas produk menjadi pertimbangan utama dalam memilih sebuah furnitur.
"Saya pasti prioritaskan kualitas produk saat memilih furnitur untuk di rumah. Kualitas produk yang dimaksud itu maksudnya desain, awet, dan mewakili diri saya," katanya kepada Olenka di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Edy menambahkan, brand juga menjadi salah satu pertimbangan dalam pemilihan produk furnitur. Ia mengatakan brand ternama kerap menjaga kualitas produk dengan ketat. Saat disebutkan bahwa Dekoruma baru saja merilis exclusive brand terbaru bernama Tenzo Living, ia mengaku tertarik untuk mengetahui produk furnitur yang bergaya modern kontemporer dan modern klasik tersebut.
"Iya, saya tertarik," tegasnya.
Ia menambahkan, kebutuhan desain furnitur yang merepresentasikan dirinya sebagai seorang pelaku usaha di industri kreatif terdapat pula di ruangan kantor. Ia berharap, ruangan kantor bisa diisi dengan produk-produk furnitur dengan desain elegan dan premium.
"Saya ingin kalau ada tamu datang ke kantor itu merasa nyaman dan terkesan," tegasnya.
Adapun, pendiri Mayapada Group yang masuk ke jajaran 10 orang terkaya di Indonesia, Dato' Sri Tahir, lebih menonjolkan aspek kenyamanan dalam pemilihan furnitur. Tahir juga lebih tertarik pada furnitur yang memiliki nilai sejarah, khususnya terkait dengan perjalanan hidup dirinya sebagai seorang pengusaha, filantropis, hingga pejabat pemerintah.
"Usia saya sudah 72 tahun, fisik saya sudah tidak sekuat dulu. Saya ingin kalau di rumah itu bisa beristirahat dengan nyaman," tuturnya kepada Olenka di Mayapada Tower, Jakarta, belum lama ini.
Menjawab Kebutuhan Pengguna
Belum lama ini Dekoruma merilis new exclusive brand bernama Tenzo Living untuk menjawab kebutuhan pengguna dari kalangan prioritas atas furnitur berkualitas dengan desain premium dan elegan.
Head of Branding & Communication of Dekoruma, Narendra Pryottama, mengatakan pasar Tenzo Living ialah pengguna yang sangat menghargai value dari sebuah produk. Untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi target pasar, ia menjelaskan Dekoruma menyediakan produk yang disesuaikan dengan luasan hunian dari target pasar tersebut.
"Mungkin harga bukan menjadi faktor utama dalam mereka membeli sebuah produk, tetapi bagaimana produk tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup mereka," katanya dalam wawancara tertulis kepada Olenka yang diterima di Jakarta, Jumat (19/4/2024).
Demi mewujudkan ruang hidup lebih berkelas, Narendra menjelaskan bahwa Tenzo Living berupaya untuk menghadirkan produk-produk yang memenuhi kriteria premium comfort, timeless design, dan refined quality.
"Kami memiliki value bahwa Tenzo Living lebih dari sekadar merek atau brand, it's a lifestyle statement," tegasnya.
Ia menambahkan, dalam waktu dekat ini Dekoruma memiliki target untuk memfasilitas seluruh showroom dengan produk Tenzo Living. Dengan demikian, akses pengguna terhadap produk-produk Tenzo Living dapat semakin mudah dan terjangkau.
"Kami berharap pelanggan dapat menemui produk Tenzo Living di seluruh showroom Dekoruma," pungkasnya.