3. Pindah ke Tempat Tinggal yang Lebih Dekat dengan Kantor atau Kampus

Kalau kamu sempat berpikir untuk pindah tempat tinggal, maka kamu tidak sendirian. Sebanyak 6 dari 10 responden dalam survei ini juga mempertimbangkan untuk pindah demi mengurangi durasi perjalanan harian mereka. Keputusan ini menjadi semakin relevan di kota besar seperti Jakarta, di mana kemacetan dan perjalanan panjang sering kali menjadi bagian tak terhindarkan dari rutinitas.

Pilihan tersebut juga didukung dengan bagaimana 47 persen Gen Z di Jakarta menganggap durasi perjalanan ideal ke kantor atau kampus adalah 15-30 menit. Ini menunjukkan bahwa mayoritas Gen Z mengutamakan perjalanan yang cukup singkat. Sebaliknya, hanya sedikit responden yang nyaman dengan perjalanan lebih dari 30 menit, mengingat durasi panjang cenderung menguras energi baik secara fisik maupun mental.

Baca Juga: 6 Tips Mengelola Keuangan untuk Generasi Sandwich, Salah Satunya Mengajari Anak Literasi Keuangan Sejak Dini

Beberapa daerah tempat tinggal yang dapat dipertimbangkan Gen Z adalah area perkantoran yang strategis seperti Setiabudi, SCBD, Tebet, atau Kuningan yang memiliki akses yang lebih cepat ke pusat bisnis serta fasilitas yang menunjang gaya hidup. Daerah tersebut juga menawarkan berbagai bentuk tempat tinggal, baik tempat tinggal permanen maupun yang berbasis sewa seperti kost atau co-living.

Berdasarkan hasil survei dan tips di atas, selain moda transportasi yang digunakan, lokasi tempat tinggal yang strategis juga patut dipertimbangkan oleh Gen Z. Tinggal di dekat pusat kota dengan berbagai pilihan aktivitas dapat meningkatkan kualitas hidup, baik dari segi waktu, tenaga, maupun biaya dalam jangka panjang. Jika membeli tempat tinggal permanen di lokasi strategis masih menjadi tantangan, Cove dapat menjadi alternatif sewa hunian dengan pilihan co-living di titik-titik strategis, akses mudah ke transportasi umum, serta pengalaman tinggal modern dengan fasilitas all-in, sesuai dengan kebutuhan Gen Z akan kenyamanan dan kemudahan dalam menjalani keseharian.