Perjalanan sukses Secondate bersama Shopee sukses menorehkan berbagai pencapaian

Setelah bergabung dengan Shopee, Secondate mencatat pertumbuhan pesat. Dalam dua tahun terakhir, pesanan meningkat hampir 4 kali lipat. Produksi pun meningkat seiring tingginya permintaan, sehingga mendorong Secondate untuk memperluas tim dan membuka lapangan pekerjaan baru di bidang produksi, distribusi, dan pemasaran.

Tak hanya itu, berbagai pelatihan dan dukungan dari Shopee terhadap UMKM juga membuka peluang bagi Secondate untuk bertumbuh lebih besar dan berkelanjutan. Lewat Program Ekspor Shopee, Secondate kini mulai menjajaki pasar internasional. Menjadi langkah yang membuktikan bahwa brand lokal pun bisa mendunia, selama dibangun dengan komitmen, kualitas, dan strategi yang tepat.

Fitur-fitur seperti Shopee Live dan Shopee Video juga menjadi alat penting dalam membangun koneksi yang lebih hangat dengan pelanggan. Lewat sesi live, Titan tak hanya menjual produk tapi juga membuka ruang dialog, menjawab langsung pertanyaan, dan menunjukkan transparansi brand.

Pada tahun 2024, kontribusi Shopee Live terhadap total order Secondate meningkat hampir 3x lipat dibanding tahun sebelumnya, dengan 35–40% penjualan harian kini datang dari sesi live. Shopee Video pun turut mendongkrak brand awareness, memperkuat kedekatan dan engagement lewat konten yang dinamis dan relevan dengan kehidupan perempuan muda Indonesia.

Ibu adalah Sosok Sumber Inspirasi di Balik Hadirnya Secondate

Bisnis bukan tentang langsung sempurna, tapi tentang keberanian untuk terus berkembang, beradaptasi, dan belajar dari setiap prosesnya. Berada di tengah lingkungan sekitarnya yang memilih jalan karier yang “aman dan stabil”, Titan justru memilih jalur yang berbeda, jalur yang tak mudah, tapi penuh makna.

Memutuskan untuk menjadi pengusaha di usia muda, membangun bisnis dari nol, mengembangkan produk, memimpin tim, dan menghadapi berbagai tantangan, baik dari luar, maupun dari dalam dirinya sendiri.

“Yang paling berat justru melawan rasa takut dari diri sendiri, takut gagal, takut belum cukup. Tapi saya belajar bahwa keberanian itu bukan tidak takut, melainkan tetap melangkah meskipun takut. Apalagi melihat ibu saya yang menjadi sosok inspirasi. Mungkin terdengar klise, tapi dari beliau saya belajar banyak tentang arti kekuatan dan kecantikan yang sesungguhnya," beber Tytan.

"Ibu saya sosok yang selalu ceria, mudah bergaul dengan siapa saja, dan selalu berusaha membuat orang disekitarnya merasa nyaman. Lewat ketulusannya, beliau menjadi tempat banyak orang merasa dilihat dan dihargai. Dari beliau juga, saya belajar bahwa kecantikan tidak datang dari penampilan semata, melainkan dari cerita hidup yang kita jalani, dan dari dari niat baik yang kita bawa setiap hari dengan segala tawa, luka, dan keberanian untuk terus melangkah," sambung Tytan.

Nilai-nilai itulah yang menjadi dasar Secondate yakni "your story is your beauty". Tidak hanya sekedar slogan tapi bentuk kepercayaan bahwa setiap perempuan punya cerita uniknya sendiri, baik buruk, penuh tawa atau air mata semuanya adalah bagian dari kecantikan. Dan Shopee menjadi ruang yang memperluas panggung Secondate untuk menyampaikan nilai tersebut.

Untuk mendukung pertumbuhan brand lokal dan UMKM, Shopee menghadirkan beragam inisiatif, fitur, dan program dukungan bagi UMKM. Shopee juga memiliki kanal Shopee Pilih Lokal yang didedikasikan untuk menjadi wadah kurasi khusus bagi produk lokal berkualitasdengan penawaran khusus bagi pembeli produk lokal.

Baca Juga: Tiga Kartini Muda Ini Bangun Brand Fesyen Lokal yang Berdayakan Perempuan dan Komunitas