Di balik deretan produk kecantikan lokal yang kini laris manis, ada jejak tangan-tangan muda yang bekerja dengan tekun, semangat yang menyala sebagai motor penggerak industri. Salah satunya Titan Tyra, pendiri brand kecantikan lokal Secondate.

Tytan adalah sosok perempuan muda yang berjuang dengan caranya sendiri dalam menciptakan produk makeup berkualitas dan mengoptimalkan teknologi untuk membuka akses lebih luas bersama Shopee.

Kehadiran Secondate bukan sekadar brand kecantikan, ini adalah peluang yang tumbuh dari impian masa kecil sang pendiri. Impian sederhana agar setiap perempuan merasa cukup dan pantas, tanpa harus memenuhi standar yang dibuat dunia luar.

Titan Tyra mengungkapkan, sejak kecil, dirinya sering merasa tidak percaya diri dan tidak menarik. Perasaan itu tumbuh menjadi kegelisahan yang diam-diam membentuk cara saya memandang diri sendiri.

"Tapi justru dari situlah muncul rasa ingin tahu, bagaimana kalau makeup bukan sekadar alat untuk menutupi kekurangan, tapi menjadi medium untuk mengekspresikan diri, bahkan membebaskan? Memang awalnya percaya diri itu muncul ketika saya masuk ke dunia content creator. Belajar berbagi cerita, mencoba produk, dan perlahan membangun koneksi dengan audiens. Sampai akhirnya, Secondate lahir pada 2020 dari ketertarikan saya untuk membangun bisnis milik sendiri dibandingkan bekerja kantoran," beber Titan Tyra, dikutip Jumat (25/4/2025).

Shopee: Menjadi Panggung Digital untuk Perempuan yang Ingin Tumbuh

Seperti Kartini yang berjuang lewat goresan tinta dan kata-kata, pendiri Secondate, memilih berjuang melalui warna, tekstur, dan formula produk yang dirancang dengan penuh makna dan pemahaman akan kebutuhan perempuan masa kini.

Sebagai brand lokal, proses produksi dilakukan sepenuhnya di Indonesia. Namun, untuk menjaga kualitas dan relevansi terhadap teknologi dan ilmu baru dunia kecantikan, Secondate juga bekerja sama dengan para ahli formulasi dari luar negeri. Kombinasi ini memungkinkan mereka menghasilkan produk yang tak hanya aman, tetapi juga efektif dan inovatif.

Berbicara mengenai teknologi, Titan menyadari bahwa untuk menyampaikan misinya ke lebih banyak perempuan, beradaptasi dalam strategi pemasaran menjadi cara baru yang efektif. Walau usia yang masih sangat muda, Titan memutuskan langkah berani, yakni bergabung dengan Shopee di tahun yang sama yaitu 2020.

Keputusan ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan Secondate, sekaligus bentuk adaptasi terhadap perubahan zaman, ketika konsumen semakin mengandalkan platform digital dalam keseharian mereka.

“Keputusan ini merupakan bagian dari adaptasi kami terhadap perkembangan teknologi. Kami memilih Shopee karena ekosistemnya yang lengkap, user base yang besar, serta dukungan yang sangat kuat terhadap UMKM dan brand lokal. Kami melihat Shopee bukan hanya sebagai tempat jualan, tapi juga sebagai partner strategis untuk pertumbuhan Secondate dalam jangka panjang. Shopee pun menjadi platform utama kami sampai saat ini,” ungkap Titan.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Pasangan Muda Sukses Rintis Bisnis Sepatu Lokal Lewat e-Commerce