Kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk kecantikan dan perawatan tubuh terus meningkat seiring dengan pesatnya perkembangan industri kecantikan tanah air. Menurut data pemerintah, produk kosmetik dan perawatan tubuh masuk dalam tiga besar kategori dengan penjualan tertinggi di marketplace.*
Seiring dengan tren ini, ShopTokopedia yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, pun merasakan dampaknya, khususnya terkait perkembangan industri kecantikan dan perawatan tubuh, lewat platform tersebut.
Beauty, Personal Care, Health and Home Supplies Category Senior Director Tokopedia and TikTok E-commerce, Ita Puspita Megawati, mengatakan bahwa kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh termasuk salah satu dari berbagai kategori yang paling laku di ShopTokopedia sepanjang 2024.
Bahkan, penjualan kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh ini naik hampir 9 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2023. Deretan produk seperti serum eksfoliasi, clay mask, deodoran, dan krim tirai matahari adalah yang terpopuler di kategori tersebut pada 2024.
Baca Juga: Napak Tilas Kisah Awal William Tanuwijaya Dirikan Tokopedia
“Antusiasme masyarakat yang tinggi mendorong ShopTokopedia untuk meluncurkan kampanye 'Semua Jadi Syantik' yang fokus mengusung makna kecantikan yang inklusif. Lewat 'Semua Jadi Syantik', kami memberikan kesempatan bagi semua kalangan, termasuk berbagai latar belakang, umur, dan kondisi kulit, untuk bisa menemukan produk kecantikan dan perawatan tubuh yang sesuai dengan preferensi mereka. Kampanye ini juga menjadi panggung bagi deretan brand lokal untuk memperluas jangkauan pasar mereka,” ujar Ita dalam rilis yang diterima Olenka, Rabu (18/12/2024).
ShopTokopedia berkolaborasi dengan kreator konten Tasya Farasya sebagai Brand Ambassador kampanye ‘Semua Jadi Syantik’. Produk-produk yang ada di 'Semua Jadi Syantik' telah diakui oleh Tasya Farasya, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir karena produk-produk tersebut sudah Tasya Farasya Approved. Selain itu, ada juga promo diskon hingga 70% sampai voucher hingga 20% saat live shopping.
Tasya Farasya, selaku Brand Ambassador 'Semua Jadi Syantik' sekaligus CEO and Founder Mother of Pearl, menyambut positif kolaborasi ini. Sebagai Brand Ambassador ‘Semua Jadi Syantik’, ia juga melihat bahwa industri kecantikan Indonesia punya potensi besar untuk terus maju.
“Bagi pelaku usaha, ini saatnya berinovasi dan menghadirkan produk berkualitas dengan lebih banyak nilai tambah. Untuk beauty enthusiasts, mari kita dukung brand lokal dan menemukan produk di ShopTokopedia yang memudahkan untuk menemukan kecantikan versi terbaik diri sendiri,” tutur Tasya.
Lanjut Tasya, tren produk kecantikan di tahun 2025 mendatang akan lebih fokus pada produk kecantikan yang hybrid dan praktis. Di sisi lain, tren kecantikan keseluruhan di tahun 2025 menurutnya akan bersifat lebih personal karena setiap individu memiliki preferensi masing-masing, ditambah dengan semakin banyak orang yang mengenali dirinya melalui tes analisis warna dan metode lain.
Kisah Friska Marpaung Banting Setir dari Industri Perbankan jadi Kreator Affiliate, Sukses Raup Pendapatan hingga Ratusan Juta Rupiah
ShopTokopedia juga mempermudah pengguna untuk menikmati pengalaman belanja online yang lebih interaktif lewat live shopping yang dilakukan oleh para penjual. Sebesar 60% konten promosi di TikTok mendukung produk lokal di ShopTokopedia.
“Saat ini, ada lebih dari 8 juta kreator yang menghasilkan pendapatan dari ShopTokopedia. Para kreator affiliate ini memainkan peran penting dalam mendukung pelaku usaha lokal. Program ini tidak hanya membantu penjual meningkatkan penjualan, tetapi para kreator tersebut juga dapat menghasilkan pendapatan tambahan dengan mempromosikan produk penjual lewat konten yang interaktif, edukatif dan inspiratif,” ujar Ita.
Salah satu kreator affiliate sukses di ShopTokopedia adalah Friska Marpaung (@friskamrp05), yang berhasil meraup pendapatan tambahan hingga ratusan juta rupiah dengan membantu mempromosikan produk-produk dari para pelaku usaha, termasuk brand lokal, melalui TikTok.
Friska awalnya berkarier di industri perbankan sebelum ia memutuskan untuk berhenti bekerja demi keluarga. Namun, keinginannya untuk tetap produktif muncul setelah melihat peluang menjadi affiliate di TikTok. Dengan dukungan suaminya, Friska lalu mencoba membuat konten. Kesuksesan Friska dimulai pada 2022 ketika video unboxing baju bayi yang dibuatnya menjadi trending.
Baca Juga: Festival Beli Lokal: Wujud Komitmen Tokopedia dan ShopTokopedia Perkuat UMKM Lokal
“Pada akhir 2023, saya mencoba untuk live streaming dan konten video seputar produk kecantikan. Video seputar sabun menjadi awal keberhasilan saya sebagai creator affiliate, yang menghasilkan komisi hingga ratusan juta rupiah,” cerita Friska.
Perlahan-lahan, Friska menjalin kolaborasi dengan berbagai brand kecantikan dan perawatan tubuh.
“Setiap hari, saya melakukan live streaming dan merekomendasikan berbagai produk ke penonton. Menurut saya, unsur storytelling dan edukasi penting untuk meningkatkan engagement dari penonton. Saya bisa membantu para brand tersebut menghasilkan rata-rata nilai penjualan sekitar Rp5 miliar,” ungkap Friska.
Kini akun TikTok Friska diikuti oleh lebih dari 87 ribu followers. Seiring perkembangan Friska sebagai kreator affiliate yang pesat, kini Friska memiliki tim khusus berisi 4 karyawan untuk mendukung kegiatan operasionalnya.
Friska menekankan pentingnya konsistensi, optimisme, dan autentisitas dalam membangun karier sebagai kreator affiliate. Ia percaya bahwa mengutamakan kepercayaan pengikut serta menyajikan konten yang relevan dengan keseharian adalah kunci untuk sukses di dunia konten dan affiliate marketing.
Baca Juga: Cerita Bos Tokopedia William Tanuwijaya Ubah Nasib di Jakarta dan Awal Jatuh Cinta ke Internet
Deretan Inisiatif di ShopTokopedia untuk Mendukung Pelaku Usaha
Selain menghadirkan kampanye ‘Semua Jadi Syantik’, ShopTokopedia bersama Tokopedia turut menggencarkan berbagai inisiatif lainnya untuk mendukung kemajuan pelaku usaha lokal, termasuk berbagai brand lokal kecantikan yang telah menjadi bagian dari puluhan juta penjual di kedua platform.
“Misalnya, ShopTokopedia bareng Tokopedia juga menggelar bazaar offline For You Beauty Fair yang disambut dengan sangat baik oleh masyarakat. Selain itu, kita juga memiliki Promo Guncang di setiap tanggal kembar, hingga kampanye Beli Lokal yang didukung oleh Kementerian Perdagangan RI sebagai komitmen bersama untuk mendukung brand lokal menjadi raja di negeri sendiri,” tutup Ita.