Nanik Soelistiowati berbagi rahasia suksesnya sebagai pebisnis kuliner. Merintis Pisang Goreng Madu Bu Nanik sejak 2007 silam, Nanik Soelistiowati berhasil menjadikan kudapan populer ini tetap eksis hingga berekspansi ke sejumlah wilayah di Tanah Air.

Rahasia sukses Nanik tak lain bekerja dengan ulet dan tekun. Sejak awal merintis bisnis pisang goreng, Nanik menerapkan strategi pemasaran yang sangat sederhana. Di mana, ia kerap terjun langsung ke lapangan dan membagikan selebaran sebagai bentuk promosi bisnis Pisang Goreng Madu Bu Nanik.

“Saya kalau minggu ada kebaktian di gereja, saya bikin selebaran, saya masuk-masukin di depan kacanya sendiri. Di masjid kalau Jumat saya selip-selipin di mobil (jamaah), wipernya itu saya selip-selipin,” ujar Nanik seperti Olenka kutip, Selasa (11/2/2025).

Melalui usaha yang tak kenal lelah, Nanik juga rutin mengikuti bazar sebagai bagian dari usahanya untuk memperluas jangkauan pasar. Hasil dari kerja keras dan ketekunan ini akhirnya membuahkan kesuksesan, seperti yang ia nikmati saat ini. 

Baca Juga: Cerita di Balik Kesuksesan Bisnis Pisang Madu Bu Nanik

“Dengan keuletan dan ketekunan saya ikut bazar, akhirnya ada buahnya seperti sekarang. Kuncinya, kalau bekerja itu harus ulet, harus tekun, harus kerja keras,” tutur Nanik.

Wanita kelahiran Surabaya ini juga menekankan pentingnya percaya diri dan bangga terhadap usaha sendiri, apa pun jenisnya. Nanik mengajak para perintis di luar sana untuk tidak minder jika bisnis mereka dianggap kecil atau sederhana, seperti menjual peyek atau pisang goreng.

Diakui Nanik, bahkan, dulu kerap dipanggil "bok gedang goreng" (ibu pisang goreng), tetapi ia tidak merasa tersinggung akan hal itu. Sebaliknya, Nanik menerima itu dengan bangga karena memang itulah bidang usahanya. 

“Gak apa-apa memang saya memang bok gedang goreng, usaha saya pisang goreng. Oke memang ada hasilnya tapi sekarang,” kata Nanik.

Baca Juga: Mengenal Sosok Nanik Soelistiowati, Pengusaha Sukses di Balik Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Keluarga juga berperan penting dalam perkembangan bisnis Pisang Goreng Madu Bu Nanik. Nanik mengaku, merasa termotivasi oleh anak-anaknya yang membantu membangun manajemen bisnisnya setelah menyelesaikan pendidikan mereka. 

Kolaborasi antara anak-anaknya juga menjadi kunci dalam mengembangkan usaha Pisang Goreng Madu Bu Nanik. Salah satu bertanggung jawab di bidang manajemen, sementara yang lain fokus pada pengembangan produk. 

“Mereka mulai memasarkan online, satu hari kira-kira ribuan antrian. Dan 60 persen atau 70 persen itu online.Yang 30 persen itu datang ke toko saya,” imbuhnya.