PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), mencatat pertumbuhan signifikan dalam layanan pengiriman hewan peliharaan selama Semester I tahun 2025. Selama periode Januari hingga Juni 2025, tercatat sebanyak 74.637 ekor hewan telah dikirimkan ke berbagai wilayah.
Manager of Marketing and Sales Courier KAI Logistik, Ayi Suryandi, mengatakan, capaian tersebut mengalami peningkatan sekitar 22% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Tidak hanya itu, berdasarkan triwulan, KAI Logistik mencatat volume pengiriman sebanyak 36.076 ekor hewan pada Triwulan I yang meningkat sekitar 7% pada Triwulan II menjadi 38.561 ekor.
Baca Juga: Duet Bersama: DHL Express Indonesia dan BCA Sinergi Kurangi Jejak Karbon Logistik
"Pertumbuhan ini mencerminkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap layanan KALOG Express serta mengindikasikan tren positif dan konsisten dalam segmen logistik hewan peliharaan," ujar Ayi, dikutip Rabu (16/7/2025).
Menurutnya, layanan pengiriman hewan peliharaan tidak hanya melayani kebutuhan individu, tetapi juga memberikan kontribusi penting dalam mendukung kegiatan ekonomi masyarakat. "Layanan ini tidak hanya mendukung masyarakat umum dalam membawa serta hewan peliharaannya, tetapi juga berperan strategis dalam mendukung pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), termasuk pet breeder, pet shop, dan pelaku jual beli hewan peliharaan dalam mendukung proses distribusi secara aman, cepat, dan menjangkau berbagai wilayah," ujarnya.
Sebagai bentuk komitmen terhadap kesejahteraan hewan (animal welfare), KAI Logistik memastikan seluruh proses pengiriman dilakukan sesuai standar penanganan hewan hidup. Layanan ini mendukung pengangkutan berbagai jenis hewan peliharaan non-dilindungi seperti kucing, anjing, kelinci, burung, dan ikan hias dengan memperhatikan kebutuhan spesifik masing-masing jenis.
"Kami berkomitmen untuk terus berinovasi, memperkuat jaringan logistik, serta meningkatkan standar layanan untuk memberikan pengalaman logistik yang aman, efisien, dan nyaman bagi pelanggan di seluruh Indonesia," tutup Ayi.
Guna memastikan kenyamanan pelanggan, seluruh proses pengiriman melalui KALOG Express dilengkapi dengan fitur pelacakan lokasi (tracking) secara real-time. Fitur ini dapat diakses dengan mudah melalui aplikasi KAI Logistik TRAX, Access by KAI, situs resmi www.kalogistics.co.id, maupun dengan menghubungi Layanan Pelanggan KAI Logistik.