Pertamina Patra Niaga terus mempersiapkan diri untuk menemani perjalanan masyarakat menuju Hari Kemenangan. Sejak 25 Maret lalu, Tim Satgas RAFI 2024 disiagakan untuk memastikan kebutuhan energi pemudik yang diperkirakan mencapai 193 juta orang atau meningkat 56% dibandingkan arus mudik dan balik 2023.

"Dengan diaktifikannya Tim Satgas RAFI dan antisipasi lain yang telah dilakukan sejak awal Maret, Pertamina Patra Niaga yakin dapat menjalankan amanah pemenuhan kebutuhan BBM, LPG, dan Avtur untuk mendukung pergerakan masyarakat pada masa Idulfitri 1445H," jelas Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, dikutip Rabu (3/4).

Baca Juga: Pertamina Siap Layani Masyarakat Hadapi Puncak Lebaran 2024

Secara umum, Pertamina Patra Niaga memproyeksikan peningkatan konsumsi untuk gasoline atau bensin tertinggi pada produk Pertamax sekitar +15%, Pertalite +10%, dan Turbo +6%. Sementara, untuk gasoil atau diesel, Dexlite diperkirakan meningkat +3% dan Dex +4%, sedangkan Solar diperkirakan turun -13%. Untuk LPG, diperkirakan secara nasional juga mengalami peningkatan sekitar +4% dan untuk Avtur meningkat sedikit sekitar +1%.

Untuk memastikan pemenuhan proyeksi tersebut, Pertamina Patra Niaga telah meningkatkan ketahanan stok mulai dari Integrated Terminal, SPBE, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) hingga ke SPBU, serta Agen dan Pangkalan LPG. Untuk gasoline, ketahanan stok berada di level 30 hari, gasoil 22 hari; LPG 16 hari; dan Avtur 38 hari.

"Peningkatan stok ini menjadi langkah awal kami memastikan ketersediaan produk yang siap didistribusikan ke masyarakat, dan kami pastikan dalam kondisi aman untuk arus mudik hingga balik," lanjut Irto.

Dalam Satgas kali ini, Pertamina Patra Niaga menyiagakan 115 Terminal BBM, 30 Terminal LPG, 71 DPPU, lebih dari 7.400 SPBU, 723 SPBE, dan lebih dari 48 ribu Agen serta Pangkalan LPG. Pertamina Patra Niaga juga menyiapkan layanan tambahan berupa lebih dari 1.700 SPBU Siaga dan 5.000 Agen LPG Siaga 24 jam, 61 Kiosk Pertamina Siaga, 54 motoris, 200 mobil tangka standby, dan 6 Serambi MyPertamina.

"Jadi setelah stok aman, kami pastikan sarfas distribusi dan pengecekan kualitas produk berjalan dengan maksimal. Lalu untuk layanan tambahan ini akan kami tempatkan di jalur utama, seperti tol, jalur mudik roda dua, jalur rawan titik kemacetan, lokasi rawan bencana, dan juga lokasi wisata mengingat panjangnya libur Idulfitri kali ini. Dalam proses distribusinya, kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Kementerian ESDM, BPH Migas, Kepolisian dan TNI, Jasa Marga, Perbankan, serta pihak terkait lainnya," terang Irto. 

Tidak lupa, Irto menambahkan bahwa Pertamina Patra Niaga akan memberi energi di setiap perjalanan melalui layanan Pertamina Call Center (PCC) 135 serta berbagai loyalty program bagi pelanggan Pertamina melalui MyPertamina.

"Untuk pelanggan setia, berbagai promo akan disiapkan dan bisa masyarakat lihat di aplikasi MyPertamina dan sosial media @mypertamina. Kami juga menyiagakan PCC 135 untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat ataupun jika di perjalanan nanti membutuhkan informasi terkait layanan ataupun produk kami," pungkas Irto.