Festival Jajanan Bango menjadi event tahunan yang digelar brand Bango dengan menyuguhkan beragam kuliner legendaris Indonesia. Namun, ada yang berbeda dengan tahun ini, di mana Bango menghadirkan Foodtruck Jajanan Bango dengan membawa misi baru menjadikan kecap sebagai culinary gem yang relevan dan adaptif dengan perkembangan tren kuliner.
Head of Marketing Bango and Beverages Unilever Indonesia, Lendi Yuwarlian, mengungkapkan bahwa Foodtruck Jajanan Bango membawa misi yakni menjadikan kecap sebagai culinary gem yang selalu relevan dan adaptif dengan perkembangan tren kuliner di Indonesia. Nantinya, Foodtruck Jajanan Bango akan hadir di 13 kota di Indonesia yang meliputi Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Sukabumi, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, Palembang, dan Lampung.
"Jika sebelumnya dikenal sebagai brand legendaris dengan misi melestarikan warisan kuliner Indonesia, Bango kini juga membawa misi baru menjadikan kecap sebagai culinary gem yang selalu relevan dan adaptif dengan perkembangan tren kuliner," ungkap Lendi dalam konferensi pers peluncuran Foodtruck Jajanan Bango di Jakarta, Rabu, 24 September 2025.
Baca Juga: Royco Bumbu Kaldu Rasa Ikan: Solusi Praktis Bumbu Marinasi hingga Beragam Olahan Ikan di Rumah
Ia menambahkan, Foodtruck Jajanan Bango hadir sebagai respons atas perkembangan tren kuliner masa kini. Ia menyebut, dahulu generasi muda sangat dipengaruhi oleh para penjaja kuliner legendaris dalam mengeksplorasi masakan. Sementara saat ini, generasi muda cenderung lebih mencari inspirasi dari para foodsfluencers yang aktif di media sosial.
Sesuai dengan karakteristik generasi muda yang sangat suka hang out sambil jajan, Foodtruck Jajanan Bango hadir di lokasi-lokasi hits hingga toko favorit anak muda sehingga dapat mengeksplorasi aneka kuliner unik dan kekinian yang seluruhnya dibuat menggunakan kecap Bango. Uniknya, di kegiatan ini Bango juga kolaborasi bersama sejumlah foodsfluencers untuk membuktikan bahwa kuliner berbasis kecap sangat relevan, variatif, dan praktis diolah tanpa mengesampingkan kelezatan rasa.
Contohnya melalui menu “Nasi Goreng Saikoro” yang dikolaborasikan bersama Dims the Meat Guy. Perpaduan gurihnya nasi goreng dengan daging saikoro yang terkaramelisasi kecap membuat kelezatan hidangan ini semakin terelevasi menjadikannya sebagai sajian kekinian yang sangat istimewa.
Dimas Ramadhan Pangestu atau Dims the Meatguy sebagai foodsfluencer dan foodpreneur mengatakan bahwa inspirasi untuk memasak menggunakan kecap bisa dibilang tak terbatas. Dilihat dari profil rasanya, kecap punya rasa yang sangat kompleks dan lengkap. Ada rasa manis, asin dan gurih, yang makin diperkaya oleh aroma khas dari proses fermentasi kedelai sehingga kecap sangat versatile digunakan buat melezatkan masakan apapun.
"Bukan cuma kuliner lokal yang ribuan ragamnya, tapi juga kuliner internasional atau fusion sekalipun. Misalnya dengan penggunaan yang tepat, kecap bisa menggantikan saus worcestershire, saus tiram atau barbecue," jelas Dimas.
Sementara itu, Tasya Kamila sebagai celebrity mom yang hobi memasak ikut menyambut antusias wajah dan misi baru Bango. Tasya menyebut, Bango memudahkan para ibu dan generasi muda untuk memasak ragam kuliner lokal dengan lebih praktis, lezat, dan variatif.
"Yuk ajak teman dan keluarga ke Foodtruck Jajanan Bango supaya bisa explore macam-macam menu kecap yang enak dan praktis, terus tinggal coba praktekin deh di rumah," ungkapnya lagi.