PT Bank Danamon Indonesia Tbk bertekad mengambil momentum guna meningkatkan nilai investasi masyarakat. Atas dasar itu, bekerja sama dengan PT Sucorinvest Asset Management (Sucor AM), Bank Danamon meluncurkan empat produk Reksa Dana Sucorinvest yang akan ditawarkan di Bank Danamon, yakni Sucorinvest Money Market Fund (SMMF), Sucorinvest Monthly Income Fund (SMIF), Sucorinvest Premium Fund (SPF), dan Sucorinvest Equity Fund (SEF).
Ivan Jaya selaku Consumer Funding & Wealth Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengaku bahwa pihaknya melihat Sucor AM sebagai salah satu manajer investasi terkemuka di Indonesia yang memiliki produk reksa dana dengan track record kinerja yang baik. Oleh karena itu, Bank Danamon mengaku merasa perlu bekerja sama dengan Sucor AM meski pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah manajer investasi lainnya.
Baca Juga: Meminimalisasi Risiko Investasi melalui Diversifikasi
"Selain itu, kami melihat bahwa minat investor ritel tumbuh. Pertumbuhan paling tinggi terjadi saat pandemi. Saat ini, kalau tidak salah, sudah hampir 11 juta investor ritel. Padahal, sebelum pandemi, hanya 3 juta investor," terang Ivan dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/1/2024).
Dia menjelaskan, pemilu merupakan momen yang harus dimanfaatkan karena berdasarkan pengalaman, pergerakan IHSG cenderung selalu positif. Dari 4 pemilu terakhir, IHSG tercatat negatif hanya terjadi di pemilu tahun 2019 yang disebabkan adanya kondisi geopolitik US-China. "Biasanya, di tahun pemilu, performa saham turut membaik karena sentimen positif dari pemerintah yang baru terbentuk," ujarnya.
Bank Danamon dengan hampir 400 cabang di hampir 200 kota di seluruh Indonesia, terang Ivan, juga sedang mengalami pertumbuhan bisnis well-management yang cukup baik. Dalam setahun terakhir, bisnis well-management Bank Danamon tumbuh sekitar 25%. Kesempatan tersebut ingin diambil Bank Danamon guna mewujudkan solusi mereka sebagai one stop financial solution.
Optimisme akan industri reksa dana juga disampaikan oleh CEO Sucor Asset Management, Jemmy Paul Wawointana. Kerja sama Sucor AM dan Bank Danamon diharapkan memberikan pilihan produk reksa dana yang lebih bervariasi sesuai dengan kebutuhan investor.
"Melihat potensi pertumbuhan industri reksa dana pada tahun 2024, serta insight market 2024, kami membuka peluang yang besar bagi masyarakat untuk berinvestasi pada produk reksa dana. Kerja sama dengan Danamon ini kami lakukan untuk memberikan pilihan produk reksa dana yang lebih bervariasi sesuai dengan kebutuhan investor serta kemudahan untuk mendapatkan produk tersebut," jelas Jemmy.
Dengan lebih dari 700 ribu nasabah, Sucor AM memahami peran penting nasabah ritel dalam pertumbuhan industri pasar modal dan kesuksesan perusahaan. Melalui acara ini, Sucor AM ingin mewujudkan visi perusahaan mereka: "Untuk Membantu Masyarakat Menciptakan Kekayaan dan Mempertahankannya, Agar Bisa Merayakan Hidup".