Bulan Ramadan menjadi momentum yang positif bagi UMKM dan korporasi untuk bertumbuh. Menyadari hal tersebut, Ninja Xpress berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan korporasi melalui tiga solusi layanan unggulan.

Chief Marketing Officer Ninja Xpress, Andi Djoewarsa, mengungkapkan bahwa ketiga layanan unggulan tersebut meliputi Ninja B2B Restock (B2BR), Ninja International Deliveries, dan Ninja Cold. Ia menambahkan, ketiga layanan tersebut hadir sebagai dukungan Ninja Xpress dalam mendorong penjualan produk UMKM dan korporasi.

Baca Juga: Kisah Jahja Setiaatmadja Berani Ambil Tanggung Jawab Atas Kegagalan Tim

"Ninja Xpress terus berinovasi dengan menghadirkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis, baik skala kecil maupun besar. Kami ingin memastikan bahwa setiap produk dapat sampai ke pelanggan dengan aman, cepat, dan dalam kondisi terbaik," ungkap Andi di Jakarta, Selasa, 18 Maret 2025.

Ninja B2BR

Lebih lanjut, setiap tahunnya, transaksi jual beli di Indonesia meningkat signifikan selama bulan Ramadan. Peningkatan ini didorong oleh berbagai faktor, termasuk peningkatan konsumsi masyarakat. Namun di sisi lain, ada kendala yang dihadapi oleh pebisnis, menurut Raymond Chin, salah satu pebisnis F&B, produk yang tersimpan di gudang juga sering kali bermasalah. 

Berdasarkan data, 46% masalah di gudang disebabkan karena human error, seperti salah catat tanggal masuk barang, tanggal kadaluarsa, dan lainnya. Oleh karena itu, pemilik bisnis harus mempertimbangkan opsi waktu yang sangat spesifik untuk penjemputan atau pengiriman, terutama untuk produk musiman dan saat festival.

Sebagai mitra logistik terpercaya, Ninja B2B Restock (B2BR) hadir dengan fokus pada efisiensi operasional. Ninja B2BR menawarkan solusi logistik lengkap yang mencakup semua tahap proses, dari awal hingga akhir. Satyabudi, Operations manager Kartika Sari, mengatakan bahwa risiko pengiriman produk kami akan bertambah, terutama apabila jarak pengiriman jauh, misalnya toko yang ada di luar wilayah kota Bandung.

"Untuk bisnis makanan seperti kami, kami mau selalu memastikan bawa kualitas produk tetap terjaga sehingga pembeli dapat menyajikan hidangan lezat untuk mereka sendiri ataupun keluarga di bulan ramadhan ini. Dengan handling yang baik, Ninja Xpress membantu kami memastikan bahwa produk kami sampai dengan aman," ungkapnya.

Ninja Cold

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Ninja Xpress dan MNC Portal Litbang pada akhir tahun 2024, ada 93,9% melakukan pembelian frozen food didorong oleh meningkatnya preferensi konsumen terhadap kenyamanan dan kepraktisan.

Untuk mendukung industri makanan dan minuman yang mengalami lonjakan permintaan selama bulan Ramadan, Ninja Cold hadir sebagai solusi logistik dengan fasilitas pengiriman produk dalam suhu terkendali. Dengan layanan ini, produk makanan beku, hingga bahan makanan dapat dikirim dengan kualitas tetap terjaga, menjawab kebutuhan pelanggan selama Ramadan dan Idulfitri.

Pada Ramadan ini, Ninja Xpress resmi memperluas jangkauan layanan Ninja Cold ke Bandung. Sebelumnya hanya tersedia di wilayah Jabodetabek, kini layanan pengiriman dengan suhu terjaga ini dapat dinikmati oleh pelanggan di Bandung untuk pengiriman antar-kota Bandung maupun Jakarta menuju ke Bandung. Layanan Ninja Cold dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang mengandalkan rantai pasokan produk segar dan beku, seperti processed frozen food, roti & adonan roti, daging beku, baby food & pet food. Dengan ekspansi ini, para pelaku usaha di Bandung kini dapat mengakses layanan pengiriman yang cepat, aman, dan terjamin kesegarannya.

Ninja International Deliveries

Bulan Ramadan turut membuka peluang besar bagi pelaku UKM di Indonesia. Dari fesyen Muslim hingga makanan halal, permintaan produk khas Ramadan melonjak drastis.

Satu survei yang dilakukan The Trade Desk mengungkapkan, 67% masyarakat Indonesia berencana untuk mengalokasikan setidaknya seperempat dari THR mereka untuk merayakan Ramadan 2024. Fenomena ini tidak hanya terjadi di dalam negeri tetapi juga di pasar internasional seperti Malaysia yang penduduk muslimnya mencapai lebih dari 60% dan Singapura dengan penduduk Muslim lebih dari 15%.

Berdasarkan riset Suara UKM Negeri Vol. VI: Dari Indonesia ke Asia Tenggara, lebih dari 40% responden dari Malaysia dan Singapura tertarik berbelanja online dari Indonesia. Hal ini menunjukkan besarnya potensi pasar bagi UKM Indonesia, terutama di bulan Ramadan ketika minat belanja meningkat signifikan. Namun, memasuki pasar internasional bukan sekadar soal menawarkan produk, tetapi juga memahami preferensi dan perilaku belanja konsumen setempat. Agar dapat menarik perhatian pembeli di luar negeri, UKM perlu mengadopsi strategi pemasaran digital yang efektif, memanfaatkan platform e-commerce yang tepat, serta memastikan layanan logistik yang andal.

Beauty of Angel, merek kecantikan asal Tangerang yang telah menggunakan Ninja Cross Border untuk pengiriman mereka ke Malaysia dan Singapura, telah membuktikan bahwa produk lokal mampu bersaing di pasar internasional. Sejak September 2024, mereka berhasil mengekspor produk skincare dan collagen drink ke Malaysia. Awan, Founder Beauty of Angel menyatakan, "Kami melihat tren produk kecantikan di Malaysia sangat berkembang, terutama untuk produk berbahan alami. Permintaan terus meningkat, dengan harga jual yang lebih tinggi, oleh karena itu kami optimis untuk memperluas pasar ke negara lain di Asia Tenggara," jelasnya.

Dengan berbagai layanan unggulan ini, Ninja Xpress berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan UMKM dan korporasi selama bulan Ramadan. Sebagai perusahaan logistik yang berorientasi pada pelanggan, Ninja Xpress akan terus menghadirkan inovasi untuk mendukung ekosistem bisnis yang lebih berkembang dan berdaya saing.