Setiap orang memiliki karakter yang berbeda, begitu juga dengan pegawai di dunia kerja. Dokter sekaligus entrepreneur, Tirta Mandira Hudhi, menyebut bahwa ada beberapa tipe karyawan di sebuah organisasi pekerjaan, salah satunya adalah pegawai dengan tipe lone wolf.
Dokter Tirta menjelaskan, tipe pegawai lone wolf merujuk kepada seseorang yang suka bekerja secara individu, merasa paling pintar dan benar, dan sulit bekerja sama dengan orang lain. Yang lebih berbahaya, pegawai tipe ini menganggap orang lain sebagai manusia-manusia payah yang tidak bisa bekerja bahkan menjadi penghambat kemajuan perusahaan.
"Mau di perusahaan mana pun berada, pegawai tipe lone wolf akan berpotensi memicu keributan karena merasa paling benar, tidak bisa menghargai top level dan tidak bisa menghargai teman sejawat," tegas Dokter Tirta, dilansir Olenka pada Jumat, 20 Juni 2025.
Ia menambahkan, orang-orang demikian cenderung memberontak, terlebih lagi jika merasa ide yang dimiliki tidak terfasilitasi dengan baik. Tirta mengingatkan, lone wolf hanya bisa berprestasi apabila skala perusahaan masih tidak terlalu besar. Apabila seorang lone wolf bekerja di perusahaan besar, mereka akan menghadapi berbagai macam masalah.
"Semakin gajah besar, semakin sulit ia bergerak. Kalau mau jadi lone wolf, gak apa-apa, tapi di perusahaan kecil. Kalau di perusahaan besar, Anda harus berpolitik dan harus punya kawan atau kolega," tutupnya.