Lion Parcel (PT Lion Express) menyadari bahwa tren belanja online yang terus meningkat turut mendorong demand logistik yang tinggi. Dalam prosesnya, para online seller, khususnya yang berjualan melalui platform non-marketplace, sering kali merasa kesulitan mengelola urusan logistik, seperti perhitungan biaya ongkos kirim dan proses pengiriman. Belum lagi adanya kemungkinan ketidaksesuaian perhitungan ongkos kirim yang ditagihkan kepada pelanggan karena kesalahan berat, volumetrik, atau alamat yang kurang tepat.

Atas dasar tersebut, Chief Marketing Officer Lion Parcel, Kenny Kwanto, menjelaskan bahwa pihaknya mengembangkan layanan Cash On Delivery (COD) Ongkir untuk membantu para online seller dari sisi pengelolaan logistik. Dengan demikian, pengalaman berjualan para online seller dapat menjadi lebih mudah dan menyenangkan, terutama di era serba digital saat ini yang turut menuntut kecepatan dalam setiap proses penjualan yang ada.

Baca Juga: Resmikan Hybrid Cold Fulfillment Warehouse Pertama di Indonesia, Coldspace Tawarkan Layanan Komprehensif dalam Industri Logistik

"Secara mekanisme, para pelanggan cukup membayar harga barang kepada seller. Sementara itu, ongkos kirim baru akan dibayarkan oleh pelanggan langsung kepada Lion Parcel ketika barang sudah diterima. Bagi seller, tentu COD Ongkir Lion Parcel akan memudahkan karena urusan logistik sepenuhnya ditangani oleh Lion Parcel. Jadi, para seller tidak perlu lagi menghitung ongkos kirim dan meminimalisasi ketidaksesuaian akibat salah perhitungan berat, volumetrik, atau alamat yang kurang tepat," jelas Kenny, dikutip Kamis (20/6/2024).

Sejak diluncurkan, animo para seller terhadap layanan COD Ongkir Lion Parcel sangat tinggi dengan komoditas yang mendominasi pengiriman oleh produk fesyen, aksesoris, hingga produk kecantikan dan herbal. Sejalan dengan respons yang positif, Lion Parcel juga turut menyediakan opsi pembayaran Quick Respons Code Indonesian Standard (QRIS) untuk para pelanggan yang membutuhkan kenyamanan lebih dalam proses pembayaran COD Ongkir Lion Parcel.

"Inovasi layanan COD Ongkir merupakan upaya Lion Parcel mendukung pertumbuhan bisnis para online seller. Sebagai perusahaan logistik yang turut mendukung aktivitas belanja masyarakat secara online, Lion Parcel terus mempelajari kebutuhan pasar agar dapat menghadirkan layanan yang relevan," tutup Kenny.