Perkembangan digital telah mengubah lanskap bisnis di seluruh dunia, termasuk industri asuransi. Menjawab tantangan yang ada, Asuransi Tri Pakarta turut mentransformasi infrastruktur bisnisnya menjadi digital.
Tidak kalah penting, Asuransi Tri Pakarta terus mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki sebagai pilar terpenting bisnisnya. Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi Asuransi Tri Pakarta, Herry Triyatno, menegaskan, selain infrastruktur, pihaknya juga menyiapkan SDM yang melek digital.
Baca Juga: Optimisme Tri Pakarta akan Perkembangan Bisnis Asuransi di Indonesia
"Sebagai sumber utama bisnis kami, kami mengumpulkan sumber daya manusia terbaik. Secara institusi, kami sudah membangun infrastruktur untuk mengembangkan leadership, termasuk juga teknologi digital unuk menjangkau lebih banyak market serta memperkuat operasi bisnis asuransi ke depan," jelasnya dalam wawancara bersama Olenka, dikutip Rabu (9/4/2025).
Seperti halnya perbankan, Herry yakin bahwa industri asuransi akan menuju transformasi digital yang lebih masif ke depan. Dia mengaku, Tri Pakarta sedang membangun unit digital yang diharapkan dapat diubah menjadi subbisnis Tri Pakarta, seperti syariah. Selain itu, yang paling penting adalah meningkatkan literasi di tengah masyarakat.
"Tidak mudah untuk mengubah mindset dari sesuatu yang sifatnya konvensional menjadi digital. Butuh waktu untuk mengedukasi teman-teman di Tri Pakarta. Yang lebih penting lagi adalah bagaimana memasarkan kepada customer yang tentunya juga perlu diedukasi. Kami harapkan baik syariah maupun digital dapat menjadi salah satu pilar utama bisnis dari Tri Pakarta," ujarnya.
Herry menegaskan, edukasi tersebut dilakukan Tri Pakarta kepada seluruh nasabah yang tersebar di Indonesia. Saat ini, Tri Pakarta mempunyai 18 Kantor Cabang dan sekitar 50-an Kantor Perwakilan.