Industri nutrisi keluarga dan makanan sehat kini bergerak cepat mengikuti kebutuhan konsumen. Daniel Christianto, selaku Chief Marketing Officer Kalbe Nutritionals, menekankan bahwa masa depan kategori baby food amaupun produk harian tidak hanya bicara soal keuntungan, tetapi tentang inovasi, keamanan, dan kolaborasi lintas sektor.
Menurut Daniel, aspek safety dan quality sudah menjadi hal wajib bagi setiap perusahaan.
“Untuk safety, quality itu sudah dikemas. Jadi it's not about how to do that, tapi itu sudah ada. Jadi sudah pasti itu ya, karena untuk jualan produk itu menjadi sesuatu yang harus,” jelas Daniel, saat menjadi panelis di acara diskusi 'The Future of Baby Food' yang digelar Accelerice Indonesia bersama Kalbe Nutritionals, di Wisma Habibie & Ainun, Jakarta Selatan, Kamis (2/10/2025)
Dilanjutkan Daniel, dengan pondasi tersebut, inovasi bisa diarahkan pada eksplorasi yang membantu para ibu tetap bisa mempersiapkan makanan bergizi secara praktis, termasuk lewat tambahan bahan atau seasoning sehat yang bisa mendukung UMKM lokal.
Daniel menilai, saat ini, semakin banyak ibu yang sadar akan pentingnya kandungan nutrisi pada produk yang mereka pilih.
“Nutrisi ini sudah disadari oleh ibu-ibu bahwa itu menjadi pilihan utama, baik dari kandungan dasar maupun tambahan seperti DHA,” ungkapnya.
Kata dia, tren ini pun mendorong perusahaan besar dan UMKM untuk terus menghadirkan produk makanan bayi dan anak dengan nilai gizi lebih baik, bukan sekadar praktis atau enak.
Baca Juga: Future Food: Kolaborasi Inovasi Pangan untuk Generasi Sehat Indonesia