Pertumbuhan industri sepatu lokal di Indonesia menunjukkan perkembangan yang semakin positif. Banyak karya anak bangsa yang kini hadir dengan kualitas yang semakin baik dan desain yang kompetitif. Inovasi, kreativitas, serta pemanfaatan ekosistem digital mendorong semakin banyak brand lokal dari berbagai wilayah di Indonesia untuk tampil dan bersaing di pasar yang lebih luas.
Salah satu wilayah yang terkenal dengan kerajinan tangan dan produk kreatifnya adalah Bogor. Wilayah yang dikenal sebagai ‘kota hujan’ itu menjadi rumah bagi Sepasang Collection, UMKM lokal yang bergerak di bidang sepatu wanita dan digeluti oleh pasangan muda dalam mengaktualisasikan kreativitas mereka.
Andrew Fernando Heryanto & Velicia Emeralda, Owner Sepasang Collection menjelaskan bahwa bisnisnya itu lahir dari passion mereka terhadap fesyen dan keinginan untuk menghadirkan sepatu perempuan berkualitas dengan harga terjangkau. Walaupun berawal dalam situasi yang terbatas, Sepasang Collection berhasil dikenal masyarakat melalui word of mouth.
“Kami melihat peluang besar dalam ekspansi ke berbagai segmen pasar serta memperluas distribusi, termasuk peluang ekspor di masa depan. Dengan berkembangnya teknologi, Sepasang Collection juga memanfaatkan kesempatan ini dengan bergabung bersama Shopee untuk menjangkau pasar yang lebih luas, hingga akhirnya saat ini lebih dari 70 persen total penjualan kami berasal dari Shopee. Bahkan di kampanye Big Ramadan Sale kemarin, kami juga mengalami peningkatan penjualan hingga 5 kali lipat dibandingkan hari biasa,” ujarya seperti dikutip dari keterangan resminya, Kamis (10/4/2025).
Baca Juga: Shopee dan Kemenekraf Latih Ribuan Ibu-ibu untuk Jadi Pengusaha Online hingga Konten Kreator
Mewujudkan Mimpi Menjadi Kenyataan: Kisah Andrew dan Velicia Merintis Sepasang Collection
Andrew dan Velicia, pasangan suami isteri ini mendirikan Sepasang Collection di masa pandemi tahun 2020 lalu. Pasangan muda kelahiran 1998 ini mengisahkan bahwa Sepasang Collection terlahir karena mereka melihat peluang besar dalam industri fesyen sepatu di Indonesia.
Andrew dan Vlicia mendirikan brand sepatu ini dengan cita-cita ingin menghadirkan produk berkualitas tinggi dan membuktikan bahwa perempuan Indonesia bisa memiliki sepatu yang stylish, nyaman, dan tetap affordable.
“Memulai bisnis di usia muda tentu membawa tantangan tersendiri, terutama dalam membangun tim yang solid serta mengelola operasional bisnis. Kemunculan banyak brand lokal tentunya juga membuat pasar lebih menantang. Beruntung kami bisa mengatasi hal ini dengan membuat strategi pemasaran yang efektif, memberdayakan anak muda dalam operasional, serta memanfaatkan platform seperti Shopee yang mampu memudahkan perjalanan bisnis kami dari kecil,” jelas Andrew.