Trip.com menjalin kerja sama strategis dengan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), operator Whoosh, untuk mengintegrasikan penjualan tiket ke platform Trip.com. Mulai Januari 2026, wisatawan dari seluruh dunia dapat memesan tiket Whoosh secara langsung melalui aplikasi dan situs web Trip.com.
Kolaborasi ini bertujuan untuk menghubungkan wisatawan internasional dengan layanan kereta cepat di Indonesia sekaligus meningkatkan kenyamanan perjalan secara signifikan, khususnya bagi traveler dari target pasar utama, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. Dalam kolaborasi ini, Trip.com berperan sebagai penyedia layanan terintegrasi yang siap memenuhi seluruh kebutuhan wisatawan saat bepergian, mulai dari tiket kereta cepat hingga tiket pesawat, hotel, atau atraksi wisata lokal.
Baca Juga: Perkuat Pertumbuhan Pariwisata Indonesia, Trip.com Resmikan Kantor Baru
“Kerja sama ini merupakan bagian penting dari strategi kami untuk menyediakan solusi menyeluruh dan terintegrasi bagi seluruh kebutuhan perjalanan, serta menjadi bukti komitmen berkelanjutan kami dalam mendukung pertumbuhan pariwisata Indonesia yang luar biasa," jelas Krishna Arya, General Manager Trip.com Indonesia, Rabu (29/10/2025).
Whoosh telah mentransformasi perjalanan antara Jakarta dan Bandung karena mampu menempuh jarak 142 kilometer hanya dalam waktu 45 menit. Popularitasnya kian meroket setelah berhasil melayani lebih dari 6 juta penumpang pada tahun 2024, serta lebih dari 3 juta penumpang pada paruh pertama tahun 2025.
General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Eva Chairunisa, menjelaskan bahwa peningkatan transaksi online mencerminkan perubahan perilaku masyarakat yang kini cenderung lebih menyukai penggunaan layanan digital. Sejalan dengan tren ini, KCIC telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Trip.com untuk memperkuat ekosistem digital Whoosh di berbagai segmen pengguna.
“Pertumbuhan transaksi secara online sebesar 6% menunjukkan bahwa masyarakat semakin nyaman beralih ke sistem digital. Dengan menambahkan saluran pemesanan seperti Trip.com, kami ingin memperluas jangkauan pasar dan membuat layanan Whoosh semakin mudah diakses oleh semua pengguna,” ujar Eva.
Untuk merayakan peresmian kerja sama ini, Trip.com dan KCIC akan memberikan promosi eksklusif dan paket perjalanan spesial menjelang tanggal peluncuran layanan.