Setelah absen satu tahun, Klamby kembali meramaikan panggung Plaza Indonesia Fashion Week (PIFW) 2025. Tahun ini, brand modest fashion tersebut siap mempersembahkan koleksi bertajuk "Seuntai Rasa", yang tak hanya menonjolkan estetika busana, tetapi juga membawa pesan emosional bagi para pecinta Klamby.
“Koleksi tahun ini kami beri nama 'Seuntai Rasa', sesuai dengan kampanye kami di bulan September. Kami ingin menyampaikan rasa yang dimiliki Klamby lewat fashion, terutama melalui pattern yang kami hadirkan. Mungkin tidak terlalu menonjol secara visual, tapi ada makna dalam setiap detailnya,” papar Zainab Salsabila, selaku Brand Management Klamby, saat ditemui Olenka usai Press Conference PIFW 2025 di La Moda Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (19/8/2025).
Perjalanan brand Klamby sendiri sempat menimbulkan pertanyaan di kalangan pecintanya. Dulu dikenal dengan nama Wearing Klamby, kini brand modest fashion ini lebih ringkas dengan identitas baru, yakni Klamby.
Dijelaskan Zainab, perubahan tersebut bukanlah pergantian arah, melainkan bagian dari proses penyegaran citra. Rebranding ini dilakukan sekitar dua tahun lalu sebagai upaya menghadirkan nama yang lebih sederhana, mudah diingat, dan relevan dengan perkembangan brand.
Dikatakan Zainab, meski berganti nama, Klamby tetap menjaga DNA dan filosofi yang sama seperti awal berdirinya.
“Sekarang namanya hanya Klamby. Rebranding ini sebenarnya hanya perubahan nama saja, tapi founder dan arah brand tetap sama,” ujar Zainab.
Zainab melanjutkan, PIFW 2025 ini menjadi partisipasi kedua Klamby di ajang tersebut, setelah sebelumnya tampil pada tahun 2023. Adapun di tahun 2024, Klamby memutuskan untuk rehat sejenak.
“Tahun lalu kami absen karena ada proyek lain yang waktunya tabrakan. Jadi tahun ini kami kembali dengan semangat baru, sekaligus menjawab kerinduan komunitas Klamby yang terus menanyakan kapan kami tampil lagi,” kata Zainab.
Di ajang PIFW 2025 ini, kata Zainab, Klamby akan tampil dengan sentuhan emosional melalui koleksi bertajuk ‘Seuntai Rasa’. Koleksi ini dirancang untuk merangkai perasaan ke dalam karya busana, di mana setiap detail pattern menyimpan makna yang halus, namun penuh arti.
Sejalan dengan karakter khasnya, lanjut Zainab, Klamby akan menghadirkan desain dalam palet nude dan warna-warna soft yang elegan, lembut, sekaligus menenangkan. Warna-warna ini menjadi identitas kuat Klamby, yakni memberi kesan hangat, Anggun dan bisa dikenakan lintas gaya maupun generasi.
“Dalam ‘Seuntai Rasa’, detail koleksi lebih ke pattern yang tidak terlalu pop-up, tapi penuh makna. Kami ingin semua orang bisa mengungkapkan rasanya, sekecil apapun, lewat fashion,” tambah Zainab.
Selain menampilkan koleksi 'Seuntai Rasa', sambung Zainab, Klamby juga akan menghadirkan sneak peek koleksi Oktober secara eksklusif di PIFW, termasuk busana yang pernah dikenakan Nagita Slavina pada sampul majalah beberapa waktu lalu.
Menyoal range harga koleksi Klamby sendiri, kata Zainab, Klamby tetap mempertahankan kisaran yang sama, yakni Rp300 ribuan untuk kerudung dan Rp400 ribu s.d Rp700 ribu untuk busana. Meski begitu, kata Zainab, ada kemungkinan akan hadir promo khusus selama PIFW yang diumumkan melalui media sosial resmi Klamby.
Zainab menuturkan, keikutsertaan Klamby di PIFW bukan semata untuk memperluas pasar, melainkan juga menjaga kedekatan dengan komunitas Klamby Family.
“Komunitas kami sangat kuat. Dengan 30 store yang ada di Indonesia, mereka selalu memberikan dukungan penuh di setiap acara. Karena itu, kami ingin membuat mereka semakin bahagia, sebagai bentuk apresiasi atas dukungan mereka selama ini,” ungkapnya.
Saat ditanya mengenai langkah besar apa yang akan dilakukan Klamby setelah tampil di panggung PIFW 2025, Zainab menuturkan bahwa brand ini telah menyiapkan agenda penting berikutnya. Momen tersebut akan ditandai dengan perayaan istimewa, yaitu anniversary Klamby ke-13 yang jatuh pada Oktober mendatang.
Dikatakan Zainab, bagi Klamby, ulang tahun ke-13 nanti bukan sekadar angka, melainkan refleksi atas perjalanan panjang penuh dedikasi, dukungan komunitas, dan inovasi yang konsisten. Perayaan anniversary ke-13 dirancang sebagai ajang kebersamaan dengan Klamby Family, komunitas yang selama ini menjadi bagian penting dari pertumbuhan brand.
“Anniversary ke-13 akan menjadi momentum spesial. Kami sedang mempersiapkan sesuatu yang istimewa untuk Klamby Family. Selain itu, kami juga sudah mulai menyiapkan koleksi Idul Fitri tahun depan,” tutup Zainab.