Dr. Pinpin Bhaktiar menerangkan bahwa entrepreneur adalah creator of opportunity, 'pencipta dari keberpeluangan'. Oleh karena itu, entrepreneur harus bisa membuat 1.001 peluang kedua. Tidak ada rumus "kesempatan tak datang dua kali" dalam kamus hidup seorang entrepreneur.
Entrepreneurship Scientist Founder Seci Institute Group itu sempat menjelaskan bahwa peluang bisa dikembangkan dari membuat produk baru, pasar baru, cara baru, pasokan baru, atau organisasi baru. Akan tetapi, apakah semua peluang tersebut harus diambil?
Baca Juga: Kunci Sukses Entrepreneur Ciptakan Inovasi Jadikan Bisnis Luar Biasa
"Berdasarkan entrepreneurship science, ada wisdom dalam cara kita mendekati peluang yang disebut explore to exploit. Explore itu artinya mencoba dari berbagai sisi. Saat menemukan yang cocok, kita ambil sisi tersebut. Itulah yang disebut exploit," ujar Pinpin, dikutip Rabu (24/4/2024).
Pertanyaan selanjutnya adalah kapan waktu yang tepat untuk mulai melakukan explore dan exploit. Dalam hal ini, entrepreneur perlu memperhatikan market attractiveness dan bussiness readyness.
Market attractiveness adalah ketersediaan pasar. Artinya, jika market dari peluang yang akan diciptakan besar dan menguntungkan, entrepreneur mulai perlu meng-explore atau eksplorasi.
"Sementara itu, bussiness readyness adalah usaha entrepreneur untuk mengembangkan peluang. Bagi seorang entrepreneur, motivasi itu bisa dikembangkan dari ilmu. From science to the motivation. Salam entrepreneur!" pungkasnya.