Sepuluh tahun yang lalu, IDN Media memulai perjalanan yang akan mengubah lanskap media digital di Indonesia. Berawal dari satu produk, IDN Times, kini IDN Media telah bertransformasi menjadi perusahaan teknologi konsumen multifaset yang dikenal dengan nama IDN.
Evolusi ini mencakup berbagai bisnis, termasuk livestreaming, creators economy, talent management, festival musik, rumah produksi Þlm, dan bahkan lembaga riset. Masing-masing produk tersebut tidak berdiri sendiri; mereka adalah komponen yang saling terhubung dalam satu ekosistem yang kohesif, didorong oleh kemajuan teknologi.
Esensi dari transformasi IDN sangat berakar pada komitmennya terhadap Indonesia dan generasi mudanya. Seperti yang diungkapkan oleh CEO IDN, Winston Utomo.
"Inti dari apa yang kami lakukan tercermin dalam nama kami. IDN = Indonesia. Tidak ada bangsa yang besar tanpa generasi muda. Kami benar-benar percaya pada kekuatan generasi muda. Keyakinan bahwa pemuda adalah arsitek masa depan mendorong visi dan misi IDN untuk menjadi katalisator bagi bangsa yang lebih baik dan berpengetahuan,” tutur Winston Utomo, dalam keterangannya, Kamis (6/6/2024).
Untuk mencapai hal tersebut, lanjut Winston, IDN berkembang menjadi consumer tech platform dan ekosistem yang melayani generasi muda Indonesia. Dengan langkah ini, IDN bertujuan membangun masyarakat yang berpengetahuan dan siap menyongsong masa depan yang lebih baik.
Usaha mulia ini, seperti yang ditekankan oleh Winston, adalah tentang meletakkan fondasi utama bagi Indonesia untuk maju sebagai pemain signiÞkan di panggung global, dengan potensi menjadi kekuatan ekonomi yang disegani. Selain melalui pendekatan jurnalisme, usaha ini juga didukung oleh ekosistem produk yang kuat dan saling mendukung.
“Harapannya, hal ini dapat memberdayakan generasi muda untuk membuka potensi mereka dan berkontribusi secara berarti demi Indonesia yang lebih baik di masa mendatang,” ujar Winston.
Sementara itu, William Utomo, COO IDN, menyoroti pentingnya upaya kolektif dalam perjalanan IDN.
"Selama sepuluh tahun terakhir, kami telah bekerja keras untuk tetap setia pada komitmen kami dan menyaksikan kekuatan luar biasa dari usaha kolektif. Bersama Timmy (istilah yang kami gunakan untuk menyebut karyawan di IDN) dan semua anggota komunitas kami, kami merangkul semangat inovasi, kolaborasi, dan persatuan yang mendeÞnisikan IDN. Semangat kolektif ini telah menjadi kunci bagi IDN dalam berinovasi dan memperluas ekosistemnya, memastikan relevansi dan dampaknya di dunia yang terus berubah,” jelas William.
William melanjutkan, transformasi IDN bukan hanya tentang diversifikasi bisnis, ini adalah bukti kekuatan visi dan pertumbuhan yang didorong oleh misi. Ini mencontohkan bagaimana IDN tetap setia pada nilai-nilai inti sambil berkembang untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan masa depan.
“Pada akhirnya, visi kami bukan untuk kami, ini untuk kita semua sebagai masyarakat yang berdaya dan memiliki mimpi untuk Indonesia yang lebih baik. Visi inklusif ini telah membimbing langkah-langkah IDN, dengan tujuan menciptakan Indonesia yang lebih baik bagi semua warganya,” terang William.
Merayakan tonggak sejarah satu dekade IDN berkarya, penting untuk diakui bahwa ini merupakan sebuah permulaan. Ucapan penutup Winston Utomo menggema dengan sentimen ini.
"Akhirnya, saya ingin berbagi bahwa ini baru permulaan bagi kami. IDN yang kita lihat hari ini baru menggores permukaan visi jangka panjang kami. Sementara dekade pertama adalah tonggak penting dalam perjalanan kami, misi kami untuk membangun ekosistem bagi generasi muda Indonesia selalu merupakan pekerjaan yang tidak akan pernah berakhir. Kami akan terus bekerja sangat keras untuk menjadi perusahaan yang berusia lebih dari 100 tahun yang berfokus pada pelanggan, berkelanjutan, dan dapat diskalakan sebagai sebuah entitas yang membawa dampak positif bagi masyarakat di seluruh Indonesia,” tutup Winston.