Menjadi perusahaan induk Indonesia yang bertumbuh secara eksponensial, Tancorp telah melewati jalan panjang hingga akhirnya memiliki lebih dari 100 brand unggulan di Tanah Air. Bukan waktu yang singkat, Tancorp memerlukan waktu kurang lebih 25 tahun (setelah didirikan) untuk mulai memperluas gurita bisnisnya.

Perusahaan yang didirikan oleh Soetikno Tanoko ini enggan tergesa-gesa membesarkan subholding yang mereka miliki. Bermula dari perusahaan cat Indonesia, PT Avia Avian Tbk, perlahan tapi pasti, generasi kedua keluarga Tanoko, yakni Hermanto dan Wijono Tanoko meneruskan dan mengambil alih perusahaan hingga bertumbuh dan berkembang membawanya melantai di bursa efek pada 2021 lalu.

"Jadi, selama 25 tahun kami fokus di bisnis cat dan bahan baku. Jadi, kami masuk ke resin, kami masuk ke colorant, masuk ke additive, masuk ke printing, can making, plastik kontener, extending kalsium karbonat, dan distribution. Jadi, kami benar-benar memperkuat posisi Avian," jelas Hermanto Tanoko melalui video yang dikutip Olenka pada Sabtu (17/08/2024).

Baca Juga: Mulai dari Nol hingga Jadi Pengusaha Sukses, Begini Kisah Sukses Hermanto Tanoko

Seiring berjalannya waktu, generasi ketiga keluarga Tanoko beranjak dewasa. Hermanto dan keluarga mulai berpikir bagaimana caranya bisnis yang mereka kembangkan dapat dilanjutkan oleh generasi tersebut. Mengingat bahwa generasi ketiga keluarga Tanoko (sebanyak 20 orang) tidak mungkin masuk semua ke perusahaan.

"Setelah 2003, kami baru masuk ke bisnis-bisnis yang lain. Mengingat ada 20 generasi ketiga, namun generasi ketiga tidak mungkin masuk semua ke perusahaan, kami sudah komit dengan Ayah saya, dengan keluarga, dalam satu perusahaan itu hanya boleh ada dua family member, lebih dari itu gak boleh," tandasnya.

Akhirnya, Hermanto melanjutkan, ia mulai melihat opportunity bisnis di bidang-bidang lain. "Kami melihat bisnis properti, kami masuk, terus bisnis beverage, bisnis hotel, bisnis kosmetik, sesungguhnya itu semua ada benang merahnya dan membuat perusahaan kami akhirnya ada puluhan," tambah Hermanto.

Baca Juga: Hermanto Tanoko Bagikan 4 Value Bisnis yang Bisa Ditiru, Intip Yuk!

Setelah melebarkan sayapnya itu, pada 2016, salah satu bisnis keluarga yang sukses di Indonesia itu mulai men-set up satu holding company dengan delapan sub-holding dan divisi yang berbeda-beda.

"Kami sudah melihat begitu banyak perusahaan yang kami miliki, karyawan sudah puluhan ribu," ungkapnya.

"Nah, dari situ kami ingin merapikan karena Compounded Annual Growth Rate (CAGR) dari Tancorp pertumbuhan selama 10 tahun ke depan itu 24%. Jadi, bagaimana kami bisa membuat seluruh perusahaan bertumbuh tinggi," tutupnya.